Kanal

Siswa SMAN 1 Kota Komba Pentaskan Tari Dapa Khas Manggarai Timur

Seorang turis Italia sedang memukul penari Dapa saat meriahkan HUT ke-73 RI di Lapangan Upacara.Waelengga, Jumat (17/8/2018).(KOMPAS.com/MARKUS MAKUR) - https://travel.kompas.com/

SRIPOKU.COM , BORONG - Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia, siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Komba, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT mementaskan atraksi 'Dapa' khas masyarakat Kota Komba.

Berita Lainnya:
Kagumi Tari Khas Masyarakat Nias, Gubernur Alex Noerdin Ajak Sukseskan Asian Games di Palembang

'Dapa' adalah atraksi budaya seperti caci dalam budaya umum di kawasan Manggarai Raya. Khusus untuk masyarakat Kota Komba, caci menyebutnya 'Dapa'.

'Dapa' merupakan atraksi asli orang Kota Komba di mana seni menari sambil saling memukul satu lawan dengan memukul pakai cemeti dari lidi muda dari pohon enau atau kelapa.

Saat HUT RI, siswa dan siswi menampilkan seni menari 'Dapa' di halaman lapangan upacara Waelengga, Jumat (17/8/2018).

Camat Kota Komba, Herman Jebarus mengapresiasi inisiatif dan kreatif dari siswa dan siswi SMAN 1 bersama guru-gurunya.

"Terima kasih kepada siswa dan siswi SMAN 1 Kota Komba yang memeriahkan HUT kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke-73 tahun," ucapnya.

Turis Italia dan Jerman
Perayaan HUT ke-73 RI dihadiri turis dari Italia dan Jerman yang didampingi Pater Tus Mansuetus, SVD yang sedang berlibur di Manggarai Timur.

Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Komba, David Jaik menjelaskan siswa dan siswi SMAN 1 Kota Komba memiliki kekhasan yang dilestarikan dan dikembangan sesuai dengan bakat dan talenta mereka. Salah satunya adalah atraksi 'Dapa' antar-kelas.

"Kami terus mendampingi siswa dan siswi sesuai dengan bakat dan talenta dari siswa dan siswi yang sekolah di lembaga ini," katanya.

Penulis: Kontributor Manggarai, Markus Makur

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://travel.kompas.com/ dengan Judul:
HUT RI, Siswa SMAN 1 Kota Komba Pentaskan Dapa Khas Manggarai Timur

Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer