Kanal

5 Narapidana di Rutan Martapura OKU Timur Dapat Remisi Bebas

Bupati OKU Timur HM Kholid didampingi Karutan Martapura saat memberikan remisi kepada ratusan warga Binaan, Jumat (17/8/2018). - SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA

Laporan wartawan Sripoku.com, Evan Hendra

SRIPOKU.COM, MARTAPURA - Sebanyak 197 orang warga binaan cabang Rumah Tahanan Negara (Rutan) Martapura mendapat pengurangan masa tahanan (remisi) bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, Jumat (17/8/2018).

Sebanyak lima orang tahanan yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) Cabang Martapura, Kabupaten OKU Timur mendapatkan remisi bebas bertepatan dengan HUT RI ke-73.

Baca: Akhirnya Terjawab, Gara-gara Satu Pertanyaan Ini, Rina Nose Ungkap Agamanya Sekarang

Selain lima orang warga binaan tersebut sebanyak 187 warga binaan lainnya juga mendapatkan remisi.

Pemberian remisi dilakukan langsung oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD.

Menurut Kepala Rutan Martapura Royhan Al Faisal, jumlah warga binaan yang ada di cabang Rutan Martapura sebanyak 357 orang. Sementera  kapasitas rutan hanya untuk 179 orang.

Baca: 3 Link Live Streaming Pembukaan Asian Games 2018 - Tulus Minta Doa Agar Tampil Maksimal

"Kita sudah kelebihan atau over kapasitas 50 persen lebih. Sedangkan jumlah petugas cukup minim hanya 12 orang yang dibagi dalam beberapa shift dengan empat regu beranggotakan tiga orang.

"Remisi merupakan instrumen yang dapat merubah perilaku warga binaan untuk berprilaku baik dalam masa pembinaan. Karena remisi hanya diberikan kepada warga binaan yang memiliki kelakuan baik. Mereka yang melakukan pelanggaran peraturan tata tertib tidak akan mendapatkan remisi," katanya.

Baca: Live Streaming SCTV - Pembukaan (Opening Ceremony) Asian Games 2018, Ini Kata Wishnutama

Sedangkan Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengatakan, pemerintah OKU Timur sudah menyiapkan lahan jika kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) akan membangun rutan.

Penulis: Evan Hendra
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post

8 Pengakuan Tersangka Pembunuhan di Bekasi: Sakit Hati Dibangunkan saat Tidur Pakai Kaki

Berita Populer