Kanal

Pemecahan Rekor Muri Pempek Terbanyak, Jadikan Pempek Mendunia

Sajian pempek di BKB saat pemecahan rekor sajian pempek terbanyak, Rabu (8/8/2018) - IST

Laporan wartawan Sripoku.com, Rangga Erfizal

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Pemerintah Kota Palembang tidak main-main membuat makanan khasnya mendunia.

Berbagai upaya dilakukan untuk menjadikan pempek menjadi produk global, salah satunya dengan pemecahan rekor Muri penyajian pempek terbanyak, 18.818 pempek, Rabu (8/8).

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Palembang, Akhmad Najib, pemecahan rekor Muri ini menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam mendukung pempek menjadi makanan global dengan mengaju pada standar pangan global.

Baca: Jelang Sriwijaya FC vs Madura United, Begini Rekor Kedua Tim, Vizcarra dkk harus waspadai

"Pempek yang disajikan sebanyak 18.818 bertujuan mengenalkan kuliner asli masyarakat Kota Palembang. Sehingga setelah ini diharap pempek dapat go internasional," ujarnya.

Pengenalan makanan pempek sebagai panganan global juga bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi makanan berprotein tinggi dan pentingnya peningkatan kesejahteraan UMKM.

"Saat ini terhitung ada 4000 UMKM Pempek diseluruh Palembang, pempek juga makanan penuh protein sehingga sangat baik untuk dikonsumsi masyarakat," ungkap Najib.

Baca: 8 Pramugari Cantik yang Menikah dengan Artis Terkenal, Ada yang Harus LDR Karena Masih Bertugas

Sementara, Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi-BSN, Zakiyah mengungkapkan tujuan pemecahan rekor ini menjadi momentum untuk memperkenalkan salah satu makanan tradisional Palembang, Pempek Ikan, ke komunitas global. Event ini akan dihadiri lebih dari 15.000 orang dari 45 negara.

Rekor MURI Pempek ber-SNI sebanyak 18.818 buah ini adalah langkah awal untuk mempromosikan Pempek menjadi produk global sehingga temanya menjadi pas, yaitu “PEMPEK GOES GLOBAL STARTING FROM ASIAN GAMES,”

Baca: Arkeolog Asal Inggris Sesalkan Keaslian Bukit Siguntang Tidak Dipertahankan

Lanjut Zakiyah, lebih dari 7 ton pempek dikirim ke luar Palembang, sebagian dikirim ke negara tetangga kita, yaitu Malaysia, Singapura dan Thailand.

Data dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi juga menyebutkan lebih dari 4000 UMK pempek dan produk olahan ikan lainnya. Hal ini bisa menjadi modal dasar mengembangkan SNI Pempek menjadi standar pangan dunia.

Baca: Seberapa Tajam Al Hadji Jika Dipasang Sebagai Target Striker Tandem Jalillov

“Pempek  sangat berpotensi menjadi produk global, menyusul Tempe yang pabriknya saat ini  sudah ada di Jepang, Jerman, Belanda dan Amerika Serikat. Langkah Tempe tersebut dimulai dengan penyusunan Standar Nasional Indonesia SNI 3144 tahun 2009 yang kemudian dikembangkan menjadi standar CODEX  STAN 313R tahun 2013 atau standar pangan dunia,” ungkap Zakiyah.

Dalam acara pemecahan rekor Muri tersebut, hadir Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, Walikota Palembang, Akhmad Najib. 

Penulis: Rangga Erfizal
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer