Kanal

6 Strategi Agar Tabungan Berlipat Ganda

Ilustrasi - ISTIMEWA

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Menggandakan tabungan mungkin tak seberat yang dipikirkan.

Sejumlah kebiasaan sederhana ini akan sangat membantu Anda, mulai hari ini, untuk membuat perubahan dalam pengelolaan keuangan.

Berita Lainnya:
3 Alasan, Mengapa Anda Perlu Memisahkan Tabungan Uang Muka Rumah?

Sebagaimana dikutip dari CNBC Make It, setidaknya ada enam strategi yang terbukti cukup berhasil bagi yang pensiun dini. Strategi itu pun tak membutuhkan banyak usaha untuk dilakukan. Jika Anda berhasil menerapkannya, maka hasilnya pun akan terllihat.

1. Lacak Pengeluaran
Jika ingin punya simpanan yang cukup banyak, Anda perlu tahu ke mana utamanya uang Anda mengalir. Banyak pensiunan dini memulai perjalanannya untuk mandiri secara finansial dengan menganalisis kebiasaannya berbelanja dan mencari tahu pengeluaran apa yang bisa dikurangi.

"Dengan mengetahui bagaimana menghabiskan uang memungkinkan Anda menentukan apakah barang itu bernilai untuk Anda, dan di mana Anda bisa lebih fokus untuk mengurangi biayanya lebih lanjut," ujar Justin McCurry, seorang pensiunan dini.

2. Mengotomatiskan Semuanya
Mengotomatiskan kehidupan finansial Anda, seperti bertransaksi menggunakan rekening giro atau cek pembayaran ke akun investasi, rekening tabungan, maupun kreditur merupakan cara yang populer digunakan pensiun dini dan orang yang super berhemat.

"Ini akan menghentikanmu untuk menyabotase progress dari Anda sendiri," ujar Richard Meadows, pria yang berhasil menabung 100.000 dollar AS dalam tiga tahun.

"Jika Anda kehilangan tekad dan menghabiskan semua simpanan Anda untuk sepatu baru yang tidak benar-benar Anda butuhkan, maka Anda tidak akan ke mana-mana," lanjut dia.

Bagaimanapun, jika Anda secara otomatis menyisihkan uang dalam rekening pensiun atau tabungan untuk tujuan yang lebih besar seperti rumah atau mobil, Anda tak akan irit dalam menabung.

Halaman
123
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com

Video Mesumnya Diputar di Kelas dan Tersebar, Siswi Berprestasi di Karawang Terpaksa Pindah Sekolah

Berita Populer