Kanal

Gunakan Teknik Ini, Murid SMA Bantul Ini Mampu Baca Buku 1000 Halaman dalam 10 Menit

Citra Rana Sari sedang membaca buku sangat cepat, dengan hanya mengusapkan tangan kanan ke lembaran-lembaran buku. - Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin

SRIPOKU.COM - Ada pemandangan tak biasa ketika berkunjung ke salah satu stand Bantul Ekspo 2018 di Pasar Seni Gabusan.

Di sebuah stand milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul tampak berjejer buku-buku di atas sebuah meja.

Uniknya, buku ini dijaga oleh anak-anak dari sebuah lembaga bimbingan belajar, Baca Cerdas, yang mampu membaca sangat cepat.

Saking cepatnya, anak ini bahkan bisa membaca buku setebal 1000 halaman dalam kurun waktu 10 menit saja. Wow.

Satu dari anak yang sanggup membaca sangat cepat adalah Citra Rana Sari. Ia merupakan murid kelas 2 SMAN Banguntapan, Bantul.

Kepada Tribun Jogja, Citra mengatakan, awal mula kemampuan bisa membaca sangat cepat bermula ketika mengikuti sebuah pelatihan Baca Cerdas pada November tahun 2016 silam.

"Awalnya saya juga sempat ragu banget, apakah mungkin seseorang bisa membaca dengan sangat cepat. Saya akhirnya mengikuti pelatihan dan ternyata saat ini sanggup," ujar Citra, ramah.

Tribun Jogja sempat menyodorkan sebuah buku tebal kepada Citra untuk dibaca. Hanya butuh beberapa menit saja, Citra melahap buku tersebut.

Usai membaca, ia kemudian mempresentasikan isi dari buku yang baru saja dibaca.

Teknik membaca yang digunakan Citra adalah teknik membaca cerdas. Ia membaca dengan sangat cepat, memakai metode mengusap lembaran buku menggunakan tangan kanan dari atas ke bawah.

"Teknik ini bisa dipelajari. Kalau biasanya orang membaca, kan, dari kiri ke kanan. Tapi kita membaca dari atas ke bawah," ungkapnya.

Halaman
123
Editor: Shafira Rianiesti Noor

Kronologi Anggota The Jak Mania Tewas Dikeroyok Oknum Suporter Persib, sempat Minta Tolong

Berita Populer