Kanal

5 Tips agar Produk UMKM Bisa Bersaing di Pasar Internasional

Ilustrasi - Pegawai Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palembang menunjukkan gantungan kunci yang akan dijadikan souvenir saat Asian Games 2018. Gantungan kunci tersebut merupakan hasil kreasi peserta pelatihan kewirausahaan bagi usaha kecil mikro dan menengah tahun 2017 di Hotel Princess Palembang, Selasa (23/5/2017). - sumsel.tribunnews.com

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Turut bersaing di pasar global menjadi impian sebagian besar pelaku usaha. Namun, masih sedikit produk usaha mikro kecil dan menengah yang bisa menembus pasar Internasional.

Kurator produk kreatif Baskoro Junianto membagi tips agar produk-produk UKM bisa menembus pasar global.

Berita Lainnya:
Kabar Gembira Bagi Pelaku UMKM di Sumsel, Jamkrida Bakal Pinjamkan Dana Hingga Segini

Dia mengatakan, hal utama yang harus diperhatikan adalah daya saing produk tersebut.

Saat ini, negara yang memproduksi kerajinan tangan lebih banyak ketimbang negara yang menerima produk tersebut. Pemasok utamanya berasal dari China, Vietnam, dan India. Sementara porsi Indonesia sangat sedikit, sekitar 3 persen.

Baskoro menyebut ada sejumlah permasalahan daya saing UMKM Indonesia. Pertama, soal kualitas. Hal yang perlu diperhatikan adalah bahan, keahlian, finishing, konsistensi standar, dan kemasan. Kualitas produk Indonesia masih di bawah ketimbang China. Namun, kualitas produksi Indonesia masih lebih bagus daripada China.

"Kualitas China mungkin kualitas biasa saja, tapi harga murah banget. Ini berkaitan dengan masalah kedua, soal harga," kata Baskoro.

Harga yang dikenakan tidak perlu murah, asalkan tepat ditawarkan ke pembeli.

Kemudian, soal kapasitas produksi UMKM di Indonesia yang masih rendah. Padahal, permintaan dari negara lain cukup besar. Di China, kata dia, beberapa industri kecil bersatu, membentuk korporasi, dan bisa melalukan ekspor.

"Harus punya strategi. Bisa kolaboratif antar UKM bentuk satu korporasi supaya lebih besar," kata Baskoro.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com

Fenomena Air Terjun Sedudo Nganjuk Berubah jadi Hitam Pekat, Pengunjung Dilarang Mandi

Berita Populer