Kanal

Asian Games 1962, Momen Dengarkan Radio Transistor 3 Hari Sekali Hingga Laku Terjual Sejuta Unit

Kampung hias Asian Games menjadi destinasi wisata baru di Kota Palembang, Minggu (24/6/2018). - SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA

SRIPOKU.COM -- Indonesia tercatat pernah menjadi tuan Rumah Asian Games pada Tahun 1962. Kala itu, Jakarta sebagai Ibukota negara menyelenggarakan pesta olahraga Asia Tenggara yang keempat.

Sepenggal momen dari diselenggarakannya Asian Games 1962 tersebut, ada yang sulit dilupakan dari benak komisaris utama PT Gobel International, Jusman Syafii Djamal

"Saya waktu itu masih di Aceh," tutur Jusman di sela-sela perluasan pabrik baterai koin lithium Panasonic Gobel Energi Indonesia (PECGI) di Kawasan Industri Gobel, Kabupaten Bekasi, Jumat (20/7/2018) kemarin.

Melansir Kompas.com, Jusman, kelahiran Langsa, Aceh pada 28 Juli 1954, mengaku mendengarkan informasi kegiatan Asian Games 1962 melalui radio transistor.

Baca: Sejarah Indonesia di Ajang Asian Games, Bisakah Momen Terindah Tempati Peringkat ke-2 Terulang?

Baca: Crismonita Dwi Putri Pebalap Sepeda Andalan Indonesia di Asian Games 2018, Disuruh hingga Tertarik

"Cuma tiga kali sehari saya dengarkan radio," tutur Menteri Perhubungan Indonesia sejak 2007 hingga 22 Oktober 2009 ini bernostalgia.

Meski pesawat televisi hitam-putih yang diproduksi perusahaan joint venture Matsushita Electric Industrial dan Transistor Radio Manufacturing (keduanya adalah cikal bakal perusahaan Panasonic Gobel) pada 1962 sudah diluncurkan untuk pelaksanaan Asian Games di Jakarta, namun keluarga besar Jusman belum memiliki peranti itu.

"Kami cuma punya radio transistor," ujar sosok yang kenyang pengalaman di dunia kedirgantaraan Indonesia melalui pesawat CN235 dan N250 itu.

Komisaris Grup Panasonic Gobel Jusman Syafii Djamal. ((Kompas.com/Josephus Primus))

Posisi kedua

Tercatat, ada sekitar 10.000 unit televisi hitam-putih diproduksi untuk memudahkan rakyat Indonesia menonton pertandingan-pertandingan Asia Games 1962.

Sementara itu, Transistor Radio Manufacturing sudah memproduksi radio transistor merek Tjawang sejak 1954.

Baca: Pawai Obor Asian Games 2018 Tiba di Blitar, Erick Thohir Sempatkan Ziarah ke Makam Bung Karno

Halaman
12
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Kompas.com

Haringga Sirla Tewas Dikeroyok, Bermula dari KTP Korban Dirazia Sejumlah Suporter Persib Bandung

Berita Populer