Kanal

Pipa Gas Milik Pertamina Meledak di Desa Benuang, Ini Penyebabnya & Penanggulangannya

Pipa Gas Pertamina EP bocor terkena alat berat Greder Titan. - TRIBUN SUMSEL.COM/ARIWIBOWO

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Ariwibowo

TRIBUNSUMSEL.COM,PALI - Meledaknya pipa gas milik PT Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field, yang berada di wilayah dusun IV Desa Benuang kecamatan Talang ubi kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), diakibatkan alat berat Grader milik PT.Titan Group melakukan perbaikan jalan Servo.

Kejadian yang terjadi sekitar pukul 21.00 (13/7) tersebut sempat mengejutkan warga sekitar.

Pasalnya gas yang menyembur keluar dari line pipa mengepul dan langsung menyebar hingga menghalangi pandangan bahkan informasi di lapangan belasan warga sempat mengalami keracunan.

Asisten Manager Legal & Relation PT Pertamina Pendopo Field, Ferry Prasetyo Wibowo melalui Ralation And Formalities, Ryan menjelaskan PT Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field, di bawah cepat menangani insiden yang diakibatkan alat berat Grader yang sedang mengerjakan proyek PT. Titan.

"Pada hari Jumat tgl 13 juli 2018 pukul 21.30, yang mengakibatkan terjadinya kebocoran pipa gas SKG 18 di Desa Benuang, Akibatnya pipa gas milik PEP mengalami kerusakan dengan lubang selebar 20 cm dan menyebabkan gas alam keluar," katanya, melalui pesan singkat Whatapps. Minggu(15/7) sore.

Dia mengatakan, sesuai Standard Operating Procedure, Pihak PEP langsung mematikan aliran gas di lokasi tersebut. Tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut dan warga sekitar yang mengeluhkan mual diduga akibat terpapar gas juga segera diberi tindakan medis.

"Pihak PEP bersama Pemerintah Desa melakukan evakuasi dan sterilisasi di dusun Talang Rompak dan dusun Talang Kampai dengan radius kurang lebih 100 – 200 m dari lokasi kejadian," ujar Ryan.

Terkait dengan PT.Titan PEP berkoordinasi dengan untuk melakukan penanggulangan terhadap dampak sosial yang ditimbulkan dari kejadian tersebut.

Perbaikan pipa bocor di jalur pipa SKG 18 Benuang. Penggantian pipa selesai 14 Juli pukul 12.05 sehingga pada pukul 13.00 operasi jalur pipa gas SKG 18 Benuang dapat kembali beroperasi dengan normal.

"Jelas PEP mengalami kerugian akibat penghentian jalur pipa gas dan kerusakan pipa tapi masih dilakukan perhitungan," kata Ryan, seraya mengatakan pekerjaan di area yang berlintasan dengan aset PT PEP untuk mematuhi rambu-rambu peringatan yang telah dipasang.

Sebelumnya diberitakan, belasan warga dusun IV Desa Benuang, Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) keracunan gas yang keluar dari line pipa milik Pt Pertamina field Pendopo.

Informasi yang di himpun kejadian yang terjadi sekitar pukul 21.00(13/7) tersebut sempat mengejutkan warga sekitar.

Pasalnya gas yang menyembur keluar dari line pipa mengepul dan langsung menyebar hingga menghalangi pandangan.

Baca: Beli Anjing Melalui Media Sosial, Wanita di Palembang Ini Kehilangan Uang Rp 10 Juta, Ini Modusnya

Baca: Ambil HP di Box Motor yang Diparkir, Pria di Baturaja Ini Babak Belur Dihajar Warga, Ini Hukumannya

Baca: Ada Pemutihan IMB di OKU Timur, Ini Syarat Untuk Mendapatkannya

Baca: Hari Pertama Sekolah, 5 Hal Harus Dilakukan Orangtua, yang Terakhir Jangan Lupa Tanyakan ke Anak!

Baca: Pulang Motret di Acara Khitanan, Pria Ini Dibegal di Jl Noerdin Panji Hingga Harus Kehilangan Ini

Baca: Warga Pali Harus Berjalan Ratusan Meter Untuk Mandi dan Cuci Gara-Gara Ini

Baca: Akan Bertanding di Tenggarong, Skuat Sriwijaya FC Masih Tertahan di Jakarta Gara-Gara Ini

Editor: Siti Olisa
Sumber: Tribun Sumsel

Viral Reaksi Ketum PSSI Edy Rahmayadi Menutup Wawancara Sepihak, soal Insiden Tewasnya The Jak Mania

Berita Populer