Kanal

Inilah Tips Penumpang untuk Penerbangan Jarak Jauh

Ilustrasi. - Alamy

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Industri penerbangan seakan berlomba menghadirkan penerbangan terpanjang non-stop. Saat ini penerbangan terpanjang di dunia tercatat dilayani oleh Qatar Airways, dari Auckland ke Doha, ditempuh selama 17 jam 40 menit.

Menumpang penerbangan jarak jauh juga tak kalah menantang. Dibutuhkan stamina dan kreativitas agar tak bosan selama perjalanan.

Berita Lainnya:
Penerbangan Perdana Jemaah Umrah Palembang-Jeddah. Hanya 10 Jam Sudah Sampai

Berikut adalah tips untuk menjalani penerbangan jarak panjang, agar perjalanan menjadi nyaman dan menyenangkan :

1. Senangkan Diri Sendiri
Tidak ada salahnya untuk meningkatkan kelas penerbangan. Misalnya dari kelas ekonomi menjadi kelas ekonomi premium atau bisnis.

Jika memang bujet terbatas, pilihan lainnya dapat membawa camilan atau benda yang membuat nyaman. Misalnya bantal leher yang empuk, sandal hotel untuk dipakai selama penerbangan, dan masker muka untuk menutrisi kulit wajah yang kering.

2. Jangan Bawa Banyak Barang ke Kabin
Pastikan untuk membawa sedikit barang di kabin atau masukkan semuanya ke bagasi. Hal ini bertujuan membuat ruang gerak yang lebih besar. Hindari menaruh tas atau barang di bawah kursi.

3. Jangan Makan Semua Hidangan dalam Satu Waktu
Simpan hidangan penutup sebagai camilan saat menonton film di pesawat. Cara ini selain untuk menunda rasa lapar juga dapat memberi kesenangan tersendiri. Anda dapat meminta kopi atau teh untuk pendamping hidangan penutup tersebut.

4. Jangan Lupa Bergerak
Jangan terus duduk. Sesekali berjalanlah di lorong kabin sembari ke toilet. Lakukan gerakan perenggangan ringan untuk pinggang, tangan, dan kaki Anda. Duduk dalam waktu yang lama tidak baik untuk kesehatan.

5. Jangan Terus Melihat Peta Perjalanan
Memang menyenangkan untuk melihat peta perjalanan. Seberapa lama dan jauh telah terbang, berada di belahan dunia mana saat ini, dan suhu di luar pesawat. Namun percayalah, melihat peta perjalanan justru membuat perjalanan terasa lebih lama dan mengingatkan bahwa Anda terjebak di pesawat.

6. Ingat Ritme Aktivitas Akhir Pekan
Anda dapat mencoba mengingat apa yang Anda lakukan jika menghabiskan akhir pekan di rumah selama 17 jam. Bantu tubuh untuk beradaptasi dengan pikiran akhir pekan tersebut selama berada di pesawat.

Penulis: Silvita Agmasari
Sumber: The Independent

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://travel.kompas.com/ dengan Judul:
17 Jam Terbang, Ini Tips Penumpang untuk Penerbangan Jarak Jauh

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer