Kanal

Inilah Daftar 10 Besar Kontraktor Dunia, China Kuasai

Ilustrasi. - TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO

China menguasai panggung global sektor konstruksi. Tak tanggung-tanggung, berdasarkan revenue atau pendapatan, perusahaan-perusahaan konstruksi Negeri Tirai Bambu ini menempati 7 posisi sekaligus dalam 10 peringkat kontraktor terbesar dunia.

Bahkan, mengutip Global Construction dalam laporan keuangan 2017, peringkat satu hingga lima diborong sekaligus oleh kontraktor China.

Hebatnya, beberapa di antaranya baru berusia 11 tahun dan menempati posisi puncak.

Berikut daftar lengkap 10 besar kontraktor dunia:

1. China State Construction Engineering Corporation Ltd (CSCEC)
Perusahaan ini mencetak pendapatan 160 miliar dollar AS. Padahal, usia kontraktor ini terbilang belia. Didirikan pada 2007, saat ini telah memiliki 255.880 karyawan.

CSCEC berbasis di Beijing dan dinakhodai oleh Qing Guan. Bisnis inti CSCEC menyangkut konstruksi bangunan, konstruksi dan investasi infrastruktur, pengembangan properti dan investasi, energi, survei dan desain dan utilitas kota.

Proyek terbesarnya antara lain Shuin Hing Square di Shenzen, Masjid Agung di Aljazair, dan renovasi Alexander Hamilton Bridge, di New York.

2. China Railway Group Ltd
Kontraktor ini membukukan pendapatan 102.32 miliar dollar AS. Selain sektor konstruksi, perusahaan ini juga bergerak di bidang pembangunan infrastruktur, survei, desain, konsultasi, peralatan manufaktur, dan pengembangan properti.

Serupa dengan CSCEC, China Railway Group didirikan pada 2007 dan saat ini mempekerjakan 282.090 orang. Kantor pusatnya di Beijing dan dipimpin oleh Li Changjin.

Tercatat beberapa proyek monumental yang dikerjakan antara lain Jalan Fez-Oujda di Maroko dan Jembatan Teluk Hangzhou di pantai timur China.

Halaman
1234
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com

Viral Rumah Bohemian Rapsody di Blitar, Gaya Eropa dan Dianggap Mistis, Lihat Video Penampakannya

Berita Populer