Kanal

136 Peserta Ikuti Lomba Penulisan Kaligrafi di Perhelatan MTQ Sumsel

Salah satu peserta MTQ Sumsel di Kabupaten Ogan Ilir mengikuti perlombaan kaligrafi yang berlangsung di gedung serbaguna Pemda Kabupaten Ogan Ilir. - SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI

Laporan wartawan Sripoku.com, Beri Supriyadi

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Sebanyak 136 peserta putra-putri dari 17 Kabupaten Kota se Sumsel mengikuti lomba penulisan kaligrafi pada perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Provinsi Sumsel yang diselenggarakan sejak 27 April-4 Mei.

Dimana, Kabupaten Ogan Ilir (OI) ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan. Khusus lomba Kaligrafi dibagi dalam empat golongan yakni Mushaf Alqur’an, Naskah Alqur’an, Dekorasi Alqur’an serta Kontemporer.

Sulaiman M Nur selaku Ketua Majelis Dewan Hakim Kaligrafi Sumsel mengatakan untuk para peserta yang mengikuti lomba penulisan kaligrafi yang terdiri dari empat golongan tersebut dibatasi maksimal usia 35 tahun.

"Untuk perlombaan hari pertama dimulai sejak Sabtu kemarin dengan golongan Mushaf Alqur’an penulisan kaligrafi dengan kreasi mereka sendiri, pada hari ini ketiga golongan tersebut kita lombakan serentak Naskah Alqur’an, Dekorasi Alqur’an dan Kontemporer," kata Sulaiman selaku ketua Dewan Hakim Kaligrafi Sumsel," Senin (30/4).

Baca:

Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Protes Pembangunan Gedung dan Kampus B Jakabaring

Gauli Anak Kandung hingga Melahirkan, Ini Pengakuan Jupri

Ditambahkannya, adapun yang menjadi penilaian dalam penulisan kaligrafi adalah desain mushaf yang mencerminkan halaman depan Alqur’an sedangkan golongan 2,3 dan 4 semua ayat diberikan berbeda sesuai dengan golongan.

Untuk penilaian masing-masing sesuai dengan kriteria golongan tersebut dan akan diumumkan pemenang dari empat golongan tersebut malam Selasa nanti di Podium utama MTQ ke-28 Tingkat Provinsi Sumsel.

"Dari 136 peserta putra dan putri dari 17 kabupaten kota ini akan diambil 3 besar baik putra maupun putri dari empat golongan yang dilombakan seperti, golongan Mushaf Alqur’an, golongan Naskah Alqur’an, golongan Dekorasi Alqur’an serta golongan Kontemporer dan akan diambil yang juara satu masing-masing untuk mewakili Sumsel dalam MTQ Tingkat Nasional di Medan mendatang," jelasnya.(*)

Penulis: Beri Supriyadi
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post

Fenomena Air Terjun Sedudo Nganjuk Berubah jadi Hitam Pekat, Pengunjung Dilarang Mandi

Berita Populer