• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Sriwijaya Post

Atur Permukiman Kumuh di Jakarta

Kamis, 29 Juli 2010 18:30 WIB

JAKARTA - Permukiman kumuh di Jakarta banyak tersebar dan perlu untuk ditata. Pembenahan permukiman masyarakat kalangan bawah tersebut perlu untuk pembangunan kota bebas kumuh dan perumahan penduduk

"Permukiman kumuh banyak di Jakarta. Penting untuk ditangani," ucap Jehansyah Siregar, ahli perumahan permukiman dan transportasi, dalam diskusi tim visi Indonesia 2033 mengenai Menata Pemukiman dan Membangun Perumahan untuk Keluar dari Ancaman Kemacetan Total di Jakarta, Kamis (29/7/2010) di Jakarta.

Menurutnya, lahan-lahan terlantar di Jakarta masih banyak, sekitar 20-30 persen. Lahan-lahan terlantar ini harus segera diidentifikasi pemerintah Jakarta untuk pemindahan permukiman kumuh. "Bukan pengen rumah kumuh dibongkar, namun dipindah ke lahan terlantar tersebut, ditata dengan baik. Ini sebagai prakarsa kota bebas kumuh," tuturnya.

Diungkapkannya, banyak para investor yang tidak jadi membangun lahan yang telah dibeli dan direncanakannya untuk pembangunan. Lahan-lahan inilah yang harus diketahui dan didata pemerintah. Pendataan tersebut berguna agar masyarakat kalangan bawah yang tinggal di pemukiman kumuh dapat dipindah ke lahan terlantar tersebut.

"Ini penting agar masyarakat Jakarta ada akses untuk lahan perumahan, selama ini sulit karena kurang lahan. Pemukiman kumuh di Jakarta sekarang telah meluas dan memadat, harus segera dipindah agar ada lahan kosong untuk pembangunan," jelasnya.

Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
42514 articles 17 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas