Jumat, 28 November 2014
Sriwijaya Post

Alquran 30 Juz Ditulis di Daun Nipah

Selasa, 23 Maret 2010 15:43 WIB

Alquran 30 Juz Ditulis di Daun Nipah

Ayat Alquran 30 juz ditulis di daun nifah yang kini tersusun dalam satu mushaf. Alquran mushaf daun nipah ini diperkirakan dibuat antara abab 14-18.

SRIPO/HUSIN

PALEMBANG - Satu lagi sebuah maha karya mengundang kekaguman yang diciptakan pendahulu kita antara abad 15-18, yakni mushaf alquran 30 juz yang dibuat di lembaran daun nipah hingga kini masih bisa dibaca. Alquran mushaf daun nipah ini tersimpan di rumah Helman (48), warga Jl DI Panjaitan.  Hari ini, mushaf alquran satu paket dengan mushaf alquran raksasa ini diteliti  dan diperiksa KH Nawawi Dentjik Alhafiz.

Helman (48) si penerima amanah dari pemberi yang tidak mau menyebutkan identitas nama dan alamat ini, menujukannya dihadapan KH Nawawi Dentjik Alhafiz bersama sembilan muridnya  dari Ponpes Ahlul Quran. Alquran yang ditulis tanpa tanda baca (harokat) ini memiliki ketebalan 7,5 centimeter, lebar 60 centimeter dan panjang 80 centimeter. Pada setiap lembar terdapat 21 baris daun nipah dengan lebar setiap daun nipah mencapai 5 centimeter.

Sementara bentuk tulisan pada mushaf alquran daun nipah ini bergaya Nasakh dan terkedang berbentuk tsulus dengan tulisan rilief bahkan ada yang berlubang. Kendati begitu, KH Nawawi Dentjik Alhafiz masih bisa membacanya satu persatu. Dalam satu lembar daun nifah, terdapat rangkaian  dua sampai tiga baris ayat-ayat alquran. "Sebaiknya kita libatkan arkelog untuk mengetahui tahun berapa mushaf alquran ini dibuat," katanya.    

 

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas