• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Sriwijaya Post

Cocok untuk PLTU Mulut Tambang

Rabu, 23 Februari 2011 13:12 WIB

BATURAJA - Batu bara yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) berkualitas sedang/rendah dengan kadar air 40 persen, dan kalori 4000 hingga 5000 Kal/Kg. Batu bara jenis ini sangat cocok untuk digunakan Perusahaan Listrik Tenaga Uap (PLTU) mulut tambang.

Sejauh ini baru dua perusahaan yang memulai membangun PLTU di OKU yakni, PT ABC (Adimas Baturaja Cemerlang) membangun PLTU 2 x 300 MW di Kecamatan Lubukbatang, konsorsium PT

Bakti Nugraha Yudha dalam tahap persiapan membangun PLTU 2 x 10 MW di Desa Tanjungkemala, Baturaja Timur.

Sementara dari 18 perusahaan pertambangan yang mengantongi perizinan, baru empat yang berproduksi.

“Empat perusahaan yang sudah memasuki tahap izin usaha pertambangan (IUP) operasi produksi itu masing-masing PT Hansen Energy, Buana Eltra, Adimas Puspita Serasi, dan PT Bakti Nugraha

Yudha,” kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten OKU, Ir M Nasir Yazid MT melalui Kabid Pertambangan Umum AB Toyib ST MSi, Rabu (23/2).

M Nasir menyebutkan, wilayah pertambangan PT Hansen Energi berada di Kecamatan Lubukbatang, Baturaja Timur dan Barat, Lubukraja, Sinar Peninjauan, dan Kecamatan Peninjauan dengan luas areal 14.990 hektare.

Sedangkan PT Buana Eltra di Kecamatan Peninjauan denga luas areal tambang 1.199 Ha, PT Adimas Puspita Serasi di Kecamatan Lubukbatang seluas 14.950 Ha, PT Bakti Nugraha Yudha di Baturaja Barat dan Timur.

Selain itu tercatat lima perusahaan batu bara di OKU yang sudah selesai eksplorasi dan saat ini memasuki tahapan persiapan operasi produksi, yakni PT Lion Power Energy, Adimas Puspita  Serasi, Abadi Ogan Cemerlang, dan PT Karya Inti Energy (berada di dua lokasi).

“Kita juga sudah mengingatkan sembilan perusahaan lagi agar segera beroperasi,” ucap M Nasir seraya mengakui, terhadap perjanjian perusahaan dengan pemerintah pusat, maka Pemkab OKU tidak bisa mencabut atau membatalkan perjanjian. (eni)

Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
61119 articles 17 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas