Berita Palembang

SMKN 5 Palembang Melaksanakan Ujian Kenaikan Kelas Menggunakan Smartphone Android, Lebih Enak

SMK Negeri 5 Palembang yang beralamat di Jalan Demang Lebar Daun No 4811, Lorok Pakjo memilih ujian dengan menggunakan smartphone android.

SMKN 5 Palembang Melaksanakan Ujian Kenaikan Kelas Menggunakan Smartphone Android, Lebih Enak
TRIBUN SUMSEL/MELISA
suasana ujian kenaikan kelas atau ujian semester genap untum tingkat SMK di SMKN 5 Palembang, siswa ujian menggunakan smartphone 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Memasuki ujian semester genap atau ujian kenaikan kelas tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), SMK Negeri 5 Palembang yang beralamat di Jalan Demang Lebar Daun No 4811, Lorok Pakjo memilih ujian dengan menggunakan smartphone android.

Pantauan tribunsumsel.com, sebanyak 1100 siswa dari kelas X dan XI mengikuti ujian kenaikan kelas yang dimulai hari ini, Rabu (15/5/2019) hingga Selasa (20/5/2019), sama seperti pelaksanaan ujian sekolah berbasis nasional (USBN) beberapa waktu lalu, ujian kenaikan kelas di SMKN 5 ini pun menggunakan aplikasi soal yang sama.

"Sama seperti USBN, kami menyiapkan alat wifi khusus agar mereka tidak berbuat curang. Total ads 11 alat bernama Unifi AC Pro yang merupakan akses poin atau alat penyedia wifi khusus. Jadi alat ini bisa memblock semua aplikasi kecuali aplikasi khusus ujian sekolah, yakni Exam Bro. Murid gak perlu takut habis kuota jadi mereka hanya perlu pakai wifi sekolah yang sudah disediakan dan tentunya gak bisa buat mencontek," kata Kepala SMKN 5 Palembang, Zulkifli, Rabu (15/5/2019).

Dia juga mengatakan kalau ujian pakai android ini pasti mikirnya murid bisa buka Google.

"Chattingan sama temen-temennya berbagi jawaban, kalau pakai wifi sekolah (Unifi AC Pro) ini mereka gak bisa buka aplikasi apapun, kalau mereka coba-coba buka ketahuan oleh pengawasnya karena otomatis keluar dari aplikasi Exam Bro. Mencoba buka pun aplikasi selain Exam Bro itu, otomatis keblock," jelasnya.

"11 alat ini yang dipasang di beberapa ruangan. 1 alat bisa diakses 50-60 murid. Untuk soal, pihak kami (guru-guru) membuat soal dan diunggah ke aplikasi Exam Bro. Murid-murid, kami kasih password acak dan username pake nama mereka masing-masing," jelasnya.

Wuling Luncurkan Dua Varian MPV Baru Cortez CT dan Confero S ACT di Atrium Palembang Square

Tumpukan Sampah Menghiasi Jalan Desa Air Itam Kecamatan Penukal Kabupaten PALI

Tumpukan Sampah Menghiasi Jalan Desa Air Itam Kecamatan Penukal Kabupaten PALI

Sedangkan, untuk hasil ujian langsung keluar. "Jadi setelah selesai menjawab soal, nilai anak-anak itu bisa langsung keluar. Dan itu lebih praktis, jaman sekarang sudah canggih jadi harus dimanfaatkan betul kecanggihan teknologi ini," katanya.

Sementara itu, salah satu siswi kelas X Akuntansi, Hani Nurlita bersama teman-temannya mengaku ujian menggunakan smartphone jauh lebih enak ketimbang dengan kertas pensil.

"Jadi gak perlu bawa pensil atau pena lagi, kalau pun ada soal hitung-hitungan ya paling bawa pensil aja kertas coretan dikasih," katanya.

"Terus yang lebih enaknya lagi, nilainya langsung keluar dan kalau jawaban kita salah ada penjelasannya langsung di bawah soal yang salah dijawab begitu pula dengan jawaban yang benar," ujar cewek berhijab ini.

Dia juga mengaku walaupun nilai langsung keluar setelah ujian tak membuatnya down atau patah semangat.

"Alhamdulillah tadi nilainya lumayan kalau menurut aku juga bagus seperti ini, penyemangat kita belajar," tutupnya. (elm)

Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved