Minat Investasi Saham? Inilah 3 Tipe Investor Saham

Setiap orang yang berinvestasi saham memiliki tujuan yang beragam. Mulai mengharapkan imbal hasil hingga mengakomodir gaya investasinya.

Minat Investasi Saham? Inilah 3 Tipe Investor Saham
https://www.google.co.id/
Ilustrasi - Investasi. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Setiap orang yang berinvestasi saham memiliki tujuan yang berbeda. Mulai mengharapkan imbal hasil hingga mengakomodir gaya investasinya.

Di sana Anda juga melihat bahwa setiap investor memiliki gaya investasi yang unik. Jenis investor dapat direklasifikasi berdasarkan waktu masuk dan keluar, frekuensi perdagangan atau transaksi hingga pemilihan aset.

Dengan Modal Rp.3 Juta, Sopir Taksi Ini Untung Rp 180 Juta dari Investasi Saham

Tips investasi Saham Usai Lebaran

Berikut 3 tipe investor saham seperti dikutip dari Etnownews.com, Rabu (15/5/2019):

1. Pengikut
Sejumlah orang yang berinvestasi di pasar saham mengambil keputusan masing-masing berdasarkan tren pasar, rekomendasi yang diteruskan, kiat-kiat pasar saham yang tidak diminta dan kadang-kadang bahkan berdasarkan apa yang dibeli atau dijual orang lain.

Investor jenis ini sering memasuki pasar pada saat bullish (harga sedang naik). Setelah kurangnya penelitian yang memadai, tipe investor ini mungkin berakhir dengan kehilangan uang karena mereka tetap tidak mengerti sehubungan dengan faktor-faktor yang memukul saham proporsional.

Umumnya, para investor ini mencoba untuk bekerja pada prinsip pembelian dengan harga rendah dan menjual dengan harga tinggi, tetapi triknya berubah negatif bagi mereka karena praktik investasi yang tidak efisien.

2. Pasif
Investor pasif adalah mereka yang perlahan dan mantap mengembangkan diri dari tahap pemula. Investor pasif mulai memasukkan taktik penelitian yang lebih baik dan pengetahuan tentang aset di mana mereka berinvestasi.

Orang dengan cakrawala investasi jangka panjang sering mempraktikkan investasi pasif karena membantu meminimalkan biaya transaksional dan meningkatkan capital gain dalam jangka panjang.

Investor ritel dan orang-orang dengan ukuran dana kecil menjadi investor pasif, namun investor institusional lainnya juga menjaga beberapa investasi agar tidak tersentuh untuk periode yang lebih lama agar mendapatkan uang dari pengembalian yabg maksimum.

3. Aktif
Investasi aktif adalah investasi tahap ketiga di mana orang dengan dana surplus beroperasi. Investor aktif juga memiliki investasi pasif yang tetap tidak berubah untuk jangka waktu yang diinginkan.

Investor aktif memperlakukan investasi lebih profesional dibandingkan dengan investor pasif. Investasi aktif melibatkan disiplin dan manajemen tingkat tinggi karena dana beaar yang dipertaruhkan.

Penulis: Yoga Sukmana

Like Facebook Sriwijaya Post Ya...

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://money.kompas.com/ dengan Judul:
Minat Investasi Saham? Simak 3 Tipe Investor Ini

Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved