Menjadi Pilihan Prioritas Siswa Baru , SMKPP Sembawa Menjadi Pilihan Sukses

SMKPP) Negeri Sembawa Kabupaten Banyuasin menjadi prioritas, pilihan anak tamat sekolah untuk melanjutkan pendidikan mencari ilmu pasti dan siap maju

Menjadi Pilihan Prioritas Siswa Baru , SMKPP Sembawa Menjadi Pilihan Sukses
SRIPOKUCOM/MAT BODOK
Tampak peserta dari berbagai SMP dan MTs sedarajat mengikuti jalan prosesur pendaftaran 

SRIPOKU.COM, BANYUASIN -- Sekolah Menengah Kejuruan Pendidikan Pertanian (SMKPP) Negeri Sembawa Kabupaten Banyuasin menjadi prioritas, pilihan anak tamat sekolah untuk melanjutkan pendidikan mencari ilmu pasti dan siap maju di masa depan.

Tampak antusias para siswa baru tamatan SMP dan MTs sederajat untuk mendaftar sekolah di SMKPP, di hari pertama yang dibuka, Selasa-Senin (14-20/5/2019). Para peserta didampingi orang tua wali murid uanf juga berkesempatan ikut diwawancarai.

Para calon siswa dan siswi tadi, datang ke sekolah tidak sendirian. Mereka didampingi para orang tua dan melihat kondisi sekolah dan para pengajar, guru yang berpengalaman serta berpendidikan minimal serjana, S1.

Bagi calon siswa dan siswi SMKPP yang lulus administrasi, harus jaga kesehatan dan siap-siap mengikuti agenda tes akademik, akan dilaksanakan, Sabtu (25/5/2019). Sedangkan, untuk pengumuman lulus seleksi akan diumumkan, Selasa (28/5/2019).

Seleksi penerimaan meliputi seleksi administrasi sesuai dengana syarat pendaftaran peserta didik baru, tes potensi Akademik (TPA) berupa tes tertulis, meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA serta tes wawancara tes minat bakat (psikotes).

Kepala SMKPP Negeri Sembawa Ir Mattobi`i MP, Rabu (15/5/2019) mengatakan, dihari pertama pembukaan pendaftaran sudah sebanyak 90 calon siswa dan siswi yang telah mendaftarkan diri untuk bergabung belajar di SMKPP. "Untuk tahun ini pihak sekolah hanya menerima siswa siswi baru hanya 160 siswa dan siswi saja," kata Mattoni`i.

Disebutkan, Mattobi`i dari 90 calon pelajar yang sudah melewati proses syarat pendaftaran. Dan memang ada beberapa yang belum memenuhi kreteria pendaftaran sehingga harus melengkapi dan ditunggu hingga akhir pendaftaran.

Ketika ditanya ada berapa program study andalan yang ada di SMKPP sehingga diminati siswa baru, Mattobi`i menjelaskan, ada empat program yakni, Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Agribisnis Tanaman Perkebunan, Agribisnis Ternak Unggas dan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian.

"Saya mengharapkan siswa yang mendaftar ke SMKPP Negeri Sembawa, kedepannya dapat menjadi wirausaha bidang pertanian atau bekerja pada bidang pertanian dan membawa kesuksesan," harap Mattobi`i.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan Drs Abd Ghofur menyampaikan, pola PPDB sedikit agak berubah dari tahun sebelumnya dimana penguji, guru yang mengetes siswa juga mewawancarai dengan orang tua untuk melihat minat dan bakat calon siswa terhadap dunia pertanian.

"Selain peserta tes di wawancarai juga orang tua yang mendampingi juga diwawancarai terkait anaknya daftar di SMKPP," timbal Ghofur.

Salah satu peserta tes, Dina Tri Novia dari SMP Negeri 2 Sembawa menyampaikan, ketertarikannya untuk masuk ke sekolah pertanian, karena masa depan untuk menjadi pengusaha pertanian yang bisa memanfaatkan lahan-lahan guna bercocok tanam. "Saya memilih program studi agribisnis tanaman perkebunan," tandas Dina.

Penulis: Mat Bodok
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved