Berita Muaraenim

Polsek Lawang Kidul dan Dinas Perhubungan Muaraenim Tertibkan Parkir Liar Pasar Bawah Tanjungenim

Polsek Lawang Kidul bersama UPTD Dinas Perhubungan Lawang Kidul, tertibkan parkir liar di kawasan Pendestrian Pasar Bawah Tanjungenim.

Polsek Lawang Kidul dan Dinas Perhubungan Muaraenim Tertibkan Parkir Liar Pasar Bawah Tanjungenim
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Karena menganggu kenyamanan pengguna jalan, Polsek Lawang Kidul bersama UPTD Dinas Perhubungan Lawang Kidul, tertibkan parkir liar dikawasan Pendestrian yang berlokasi di Pasar Bawah Tanjungenim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muaraenim, Selasa (14/5) 

Laporan wartawan sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM---Karena menganggu kenyamanan pengguna jalan, Polsek Lawang Kidul bersama UPTD Dinas Perhubungan Lawang Kidul, tertibkan parkir liar di kawasan Pendestrian Pasar Bawah Tanjungenim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muaraenim, Selasa (14/5/2019).

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, puluhan petugas gabungan Polsek Lawang Kidul dan UPTD Dishub Lawang Kidul, melakukan penertiban baik yang parkir diatas maupun dibawah trotoar.

Bahkan sejumlah pengendara terutama roda dua tertangkap tangan melakukan berbagai pelanggaran diantaranya sengaja naik dan menjalankan kendaraannya diatas trotoar dikawasan pendestrian.

Banyak pengendara yang kaget ketika ada penertiban, dan bagi yang melanggar langsung diberikan sanksi berupa teguran.

Kapolres Muaraenim AKBP Afner Juwono melalui Kapolsek Lawang Kidul, AKP Azizir Alim didampingi Kepala UPTD Dishub Lawang Kidul mengatakan, pihaknya sengaja melakukan penertiban tersebut melihat belakangan ini semakin banyak pengendara yang melanggar dan sengaja menaikan kendaraannya di atas trotoar.

Sebab fungsi trotoar bukanlah untuk dilalui kendaraan tapi khusus untuk pejalan kaki, namun faktanya dilapangan trotoar tersebut dijadikan tempat parkir motor dan memberikan kesan semrawut.

Dikatakan Kapolsek, untuk hari ini, pihaknya sengaja hanya memberikan sanksi teguran kepada pengendara yang melanggar, namun jika sudah ditegur masih membandel terpaksa berikan sanksi secara tegas.

Puluhan Massa Mengenakan Penutup Wajah Merusak Showroom Rizky Motor Beserta Isinya

Pejabat Dibekuk Polisi saat Lintasi Perbatasan Sumatera Selatan-Jambi Simpan Narkoba Rp 8 Miliar

Rumah Vera dan Prada DP Berjarak Sekitar 200 M, Tapi Keluarga Terduga Pelaku Belum Datang

Kedepan kata Kapolsek, pihaknya akan menempatkan petugas untuk menjaga dan mengatur lalu lintas dikawasan tersebut.

Dia berharap semua masyarakat akan terbiasa dan mentaati aturan yang ada, terutama kepada pemilik toko untuk tidak melakukan bongkar muat di sepanjang trotoar karena menganggu pemgguna jalan.

"Kalau mau parkir silakan disisi kanan atau di seberang trotoar, tapi itu juga hanya diperbolehkan menggunakan mobil kecil, untuk mobil besar seperti truk maupun dumptruk dilarang bongkar muat di sepanjang jalan ini," ujarnya.

Ditambahkan Camat Lawang Kidul Rahmad Noviar bahwa penertiban tersebut dilakukan semata-mata untuk ketertiban kawasan pendestrian yang telah dibangun.

Pihaknya juga sudah menghimbau masyarakat khususnya pemilik toko yang ada disepanjang kawasan tersebut untuk tidak bongkar muat di sepanjang jalan tersebut.

Kepada warga yang berjualan BBM eceran tidak menggunakan Pertamini di ruas jalan tersebut, apalagi berjualan diatas trotoar, sebab selain semrawut juga bisa menimbulkan kemacetan.

Masih dikatakan Noviar, untuk parkir sementara waktu masih diperbolehkan di seberang trotoar, tapi kedepannya jika undang-undang lalu lintas sudah keluar, parkir akan dipindahkankan baik ke BDN maupun kawasan jalan Teduh, dan kawasan tersebut dapat menjadi kawasan pendestrian yang akan menunjang Tanjungenim menjadi kota wisata.(ari)

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved