WaterHot, Bukan Sekedar Kelompok Pembangun Sahur Biasa Melainkan Penjaga Keamanan Kampung

WaterHot, Bukan Sekedar Kelompok Pembangun Sahur Biasa Melainkan Penjaga Keamanan Kampung

WaterHot, Bukan Sekedar Kelompok Pembangun Sahur Biasa Melainkan Penjaga Keamanan Kampung
SRIPOKU.COM/HARIS WIDODO
WaterHot, Bukan Sekedar Kelompok Pembangun Sahur Biasa Melainkan Penjaga Keamanan Kampung 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Bulan suci ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu bagi umat muslim dan dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia.

Terkhususnya di Indoneisia yang mana mempunyai tradisi di saat membangun sahur dibulan ramdahan dengan cara kreatif, ada yang memakai kostum superhero dalam membangunkan sahur, ada yang menyanyikan lagu sholawat nabi dan lain-lainnya.

Salah satu kelompok pembangun sahur masyarakay yang sama melakukan hal tersebut ialah kelompok Waterhot Squad yang berada di Jalan Printis Kemerdekaan lorong Air Panas Kelurahan Lawang Kidul Kecamatan Ilir Timur 2 ini misalnya.

Yang membangunkan sahur warganya dengan cara melantunkan sholawat nabi seperti Komarun, Tobat Hati, Ya Asiqal Mustofa dan sholawat nabi lainya.

Lantunan lagu tersebut mereka nyanyikan sepanjang lorong Air Panas, Swadaya Murni, Kebun Yasin, Pasundan, Langgar damai dan kembali lagi ke Lorong Air Panas.

Kelompok sahur yang beranggotakan 20 orang ini sebelumnya memulai aktifitas membangunkan warga merak semuanya berjanjian di group Whatsappsnya untuk kumpul di lorong Air Panas tepatnya di rumah Ketuanya bernama Sungeng.

“Sebelum kami membangunkan sahur kami janjian dulu untuk kumpul di rumah saya sembari mempersiapkan alat dan tiba pukul 02.30WIB kami baru beraksi memulai mengelilingi kampung-kampung,”ujar Ketua Kelompok Sahur, Sugeng kepada Sripo, Sabtu (11/5/2019).

Ia menambahkan alat-alat yang mereka gunakan dalam menabuhkan musik terdiri dari bahan material bekas seperti kaleng biscuit, kaleng cat, gallon bekas dan yang lainnya.

Kelompok yang sudah berdiri tahun 2007 ini tidak hanya sekedar kelompok membangunkan sahur akan tetapi, penjaga kemanan kampung sekitar.

“Kelompok ini bukan hanya membangunkan sahur saja melainkan juga menjaga keamanan kampung dari tindakan criminal,”kata Sugeng.

Ia bercerita 2 tahun lalu pernah ada orang tauran di depan lorong Air Panas yang mana salah satu kelompok yang terlibat tauran tersebut masuk ke Lorong Air Panas. Sehingga menggangu kenyamanan warga sekitar.

“Dulu pernah terjadi tauran depan lorong kami yang sangat mengganngu warga sini, Ya langsung kami dengan capat tanggap menggusir mereka dari pemukiman kami,”ujarnya.

Kelompok pembangun sahur bernama Waterhor yang terdiri dari Sugeng, Tambar, Riki, Gugun, Roby, Aman dan lainnya ini berharap di ramadhan tahun ini semua warga muslim dapat menjalankan puasa dengan lancar,khusuk, nyaman dan tenang.

Serta di jauhkannya dari tindakkan Kriminal.

Penulis: Haris Widodo
Editor: Hendra Kusuma
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved