Inilah 5 Cara Menghilangkan Rasa Haus di Ketika Puasa

Saat menjalani ibadah puasa Ramadhan, tubuh kita menghadapi kondisi di mana tidak mengkonsumsi cairan atau makanan apapun. Untuk menghilangkan rasa ha

Inilah 5 Cara Menghilangkan Rasa Haus di Ketika Puasa
Serambi News
Ilustrasi - Air putih 

SRIPOKU.COM - Saat menjalani ibadah puasa Ramadhan, tubuh kita menghadapi kondisi di mana tidak mengkonsumsi cairan atau makanan apapun. Untuk menghilangkan rasa haus atau dehidrasi, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

Ini untuk memastikan kita tetap sehat, terhidrasi dan seimbang selama bulan Ramadhan.

Baca Amalan Ini di Malam Pertama Bulan Ramadhan, Insya Allah tak Terasa Haus Selama Puasa Ramadan

Mengapa Saat di Ruang Ber-AC Tubuh Jarang Merasa Haus?

Ahli Diet Klinis dan Konsultan Nutrisi dari Right Bite, Riham Shamseddine, menjelaskan tentang konsumsi air dan manfaat kesehatan dari natrium yang ada dalam air kemasan.

Puasa selama lebih dari 12 jam sehari membuat tubuh kita ada dalam keadaan dehidrasi, karena air sangat penting untuk berbagai fungsi vital dalam tubuh.

Bahkan, besarnya peran air terhadap fungsi tubuh membuat 60-70 persen berat tubuh kita terdiri dari air.

"Sangat penting untuk mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup selama Ramadhan untuk mencegah efek samping umum seperti sembelit, sakit kepala, pusing, dan kulit kering," kata Shamseddine.

Asupan cairan yang memadai, seperti yang direkomendasikan oleh Institute of Medicine, setara dengan 3 liter untuk pria dan 2,3 liter untuk wanita.

Sementara minuman berkafein seperti kopi, teh dan minuman ringan tidak termasuk di dalamnya.

Sodium adalah salah satu komponen vital air dan elektrolit penting bagi tubuh yang membantu fungsi normal otot dan saraf serta diperlukan untuk keseimbangan osmotik (keseimbangan air dan garam) di dalam tubuh.

Meskipun konsumsi sodium kita berkurang selama bulan Ramadhan, untuk menghindari rasa haus, sangat aman dan sehat untuk mengkonsumsi sodium dalam jumlah sedang untuk mempertahankan pola makan seimbang.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved