Kuota Haji Tambahan, Sumsel Kebagian Jatah 160 Orang, Sempat Salah Input

Provinsi Sumsel mendapat tambahan kuota haji sebanyak 160 orang dari 10 ribu kuota yang diberikan oleh Arab Saudi. Kuota tambahan itu berlaku tahun in

Kuota Haji Tambahan, Sumsel Kebagian Jatah 160 Orang, Sempat Salah Input
https://twitter.com/Kemenag_RI
Ilustrasi - Kementerian Agama RI Kementerian Agama (Kemenag) RI menginformasikan skema mengenai rencana perjalanan haji tahun ini melalui akun Twitternya, @Kemenang_RI. 

PALEMBANG - Provinsi Sumsel mendapat tambahan kuota haji sebanyak 160 orang dari 10 ribu kuota yang diberikan oleh Arab Saudi. Kuota tambahan itu berlaku tahun ini, atau musim haji 1440 Hijriyah.

Menurut Kabag Humas Kemenag Sumsel, Saefuddin Latief, tambahan kuota haji untuk Sumsel ini sempat salah input oleh Kementerian Agama RI. Awalnya kuota yang diberikan untuk Sumsel hanya 80 orang. Namun tak lama berselang Kemenag pusat merevisi sehingga kuota tambahan haji untuk Sumsel menjadi 160 orang jemaah.

Jokowi Cerita Pertemuannya dengan Raja Salman Soal Penambahan Kuota Haji

Alhamdulillah. Kuota Haji Pagaralam Bertambah 17 Kursi

Hal ini berdasarkan, Keputusan Menteri Agama RI nomor 176 tahun 2019 tentang penetapan kouta haji tambahan 1440 Hijriyah atau 2019.

Saefuddin Latief mengungkapkan, saat ini pihaknya sudah mendapatkan salinan penambahan kouta yang dibagi oleh Kemenag RI. Nantinya dari kuota tambahan sebanyak 160 orang, 80 orang diberikan untuk jemaah lansia dan pendamping serta 80 orang lagi untuk jemaah reguler sesuai nomor urut porsi.

"Sumsel dapat 160 orang tambahan dari Kemenag RI. Sehingga tahun ini ada 7.148 orang jemaah," jelas Saefuddin, Senin (29/4) saat
dihubungi.

Saefuddin mengatakan, pembagian kuota haji untuk wilayah Sumsel dibagi tidak berdasarkan kabupaten/kota melainkan urutan nomor porsi antrean.

Sedangkan untuk lansia, pihaknya sudah mengirimkan data ke pusat. dan pembagiannya berdasarkan urutan usia yang ditentukan oleh Kemenag RI dan kemudian akan dikirim kembali ke panitia daerah.

Setelah itu, jemaah yang masuk dalam kuota tambahan akan melakukan pelunasan yang dilakukan di bank bank yang sudah bekerjasama dengan Kemenag Sumsel.

"Bagi jemaah yang mendapatkan kouta tambahan bisa melakukan pelunasan," kata dia.

Sementara itu progres pelunasan haji sendiri sudah mencapai 90 persen lebih. Adapun jadwal pelunasan tahap pertama dapat dilakukan dari 19 Maret hingga 15 April 2019. Untuk tahap kedua dilakukan dari 30 April hingga 10 Mei 2019.

Halaman
12
Penulis: Yandi Triansyah
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved