Blusukan Ke Musirawas , Herman Deru Kagumi Keasrian Dusun Sri Pengantin di Musirawas

Dia juga mengatakan, merasa bangga bisa datang ke Dusun Sri Penganten. Dan berharap ini bukan yang pertama dan terakhir kalinya.

Blusukan Ke Musirawas , Herman Deru Kagumi Keasrian Dusun Sri Pengantin di Musirawas
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama isteri Hj Lustia Febrita Deru didampingi Bupati Musirawas H Hendra Gunawan dan istri Hj Noviar Marlina Gunawan, mengunjungi Kampung Bambu Desa Sri Pengantin Desa Pasenan Kecamatan STL Ulu Terawas Kabupaten Musirawas. Senin (29/4/2019). 

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama isteri Hj Lustia Febrita Deru mengunjungi Kampung Bambu Dusun III Sri Pengantin Desa Pasenan Kecamatan Suku Tengah Lakitan (STL) Ulu Terawas Kabupaten Musirawas.

Didampingi Bupati Musirawas H Hendra Gunawan dan isteri Hj Noviar Marlina Gunawan, Gubernur menjejakkan kakinya di Kampung Bambu Dusun Sri Pengantin, Senin (29/4/2019).

Dalam kunjungannya, H Herman Deru mengaku sangat mengagumi keasrian alam Dusun Sri Penganten. Dia merasa sangat tertarik dan tergelitik untuk datang ke Dusun Sri Penganten.

"Sebuah pencapaian luar biasa saya rasakan sampai disini. Sejak dua malam lalu ada perdebatan di Palembang, karena jadwal gubernur diatur protokol. Isteri saya bilang, kenapa tak ada jadwal ke Sri Penganten. Saya bilang, nggak jadi semua acara kalau saya nggak ke Sri Penganten," kata H Herman Deru disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir ditempat acara dilapangan sekolah Dusun Sri Penganten, Senin (29/4/2019).

Blusukan ke Desa Terpencil di Musirawas, Herman Deru Naik Perahu
Blusukan ke Desa Terpencil di Musirawas, Herman Deru Naik Perahu (Redaksi Humas Sumsel)

"Jadi saya sangat tertarik ke Sri Penganten. Saya tergelitik datang ke sini, saya akan sentuh tapi tak rusak kearifan lokalnya. Jangan pernah diubah keaslian ini, Bali dan Lombok terkenal karena pertahankan keaslian, kita jangan tergiur dengan modernisasi, karena tidak seluruh cocok dengan budaya kita," sambung H Herman Deru.

Dia juga mengatakan, merasa bangga bisa datang ke Dusun Sri Penganten. Dan berharap ini bukan yang pertama dan terakhir kalinya. "Saya berharap tak cuma sekali ini saja (datang ke Sri Penganten), mungkin lain kali saya akan bermalam disini," ujarnya.

Terkait fasilitas di Dusun Sri Penganten, terutama akses jalan, menurutnya pemerintah bukan tak mau bangun. Tapi, pembangunan akses jalan ke Sri Penganten akan melalui kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Karena itu, pembangunan jalan belum bisa dilakukan untuk menembus Sri Penganten. Bahkan tiang listrik saja kata gubernur tidak boleh dipasang, karena berada dalam kawasan TNKS.

Gubernur Takjub Destinasi Wisata dan Kearifan Lokal Dusun Sri Pengantin
Gubernur Takjub Destinasi Wisata dan Kearifan Lokal Dusun Sri Pengantin (Redaksi Humas Sumsel)

"Maka kita bisa buat kelebihan tanpa harus merubah jati diri kita, dari perilaku alam juga, maka dalam kesempatan emas ini aku minta jangan rusak alam, air jernih jangan dirusak, ikan jangan diputas, kemudian listrik sudah ada PLTS tinggal mencukupi saja, saya bilang sama bupati harus cepat diselesaikan listriknya," kata H Herman Deru.

Bupati Musirawas H Hendra Gunawan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel H Herman Deru atas kunjungannya ke Dusun III Sri Penganten Desa Pasenan Kecamatan STL Ulu Terawas. Menurutnya, H Herman Deru merupakan gubernur Sumsel pertama yang berkunjung ke dusun yang dikelilingi kawasan TNKS tersebut.

"Beliau gubernur Sumsel yang pertama kali berkunjung ke Dusun Sri Pengantin. Ini salah satu dusun diwilayah Desa Pasenan, yaitu Dusun III dengan jumlah KK 76. Dari sejarahnya wilayah ini usianya sudah 130 tahun dan resmi terbentuk sebagai dusun sejak tahun 1995," kata H Hendra Gunawan.

"Tidak ada akses jalan darat untuk masuk dusun ini, karena dikelilingi oleh kawasan TNKS yang tak boleh diganggu atau dibuat jalan. Yang ada hanyalah melalui jalur sungai dari Pasenan kesini. Namun untuk fasilitas listrik sudah kita bangun PLTS dan tahun ini akan kita tambah lagi supaya semua masyarakat dapat menikmati listrik," katanya. (ahmad farozi)

===

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved