News Video Sripo

Video Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan PT MHP Gelar Apel Siaga Karhutla

PT Musi Hutan Persada (MHP) menggelar apel siaga penanggulangan Kebakaran Hutan & Lahan (Karhutla) 2019 di Unit V Sodong Wilayah I

Laporan wartawan sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM --- PT Musi Hutan Persada (MHP) menggelar apel siaga penanggulangan Kebakaran Hutan & Lahan (Karhutla) 2019 di Unit V Sodong Wilayah I, Desa Suban Jeriji, Kecamatan Rambang Dangku, Muaraenim, Rabu (24/4/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kadishut Sumsel Pandji Tjahjanto, Dirut PT MHP Takuya Kuwahara,
Direktur Perlindungan Hutan dan Sosial M Aminullah, Direktur Operasional Goro Kawakami, Direktur HR Bambang Hendro Tjahyoko, para pejabat Muspida dan Muspika Kabupaten Muaraenim, Lahat, OKU dan PALI serta ratusan para undangan.

Menurut Kadishut Sumsel Pandji Tjahjanto, bahwa upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Sumsel makin ditingkatkan oleh semua pihak, melalui berbagai strategi dan pendekatan yang Iebih efektif.

Apalagi Sumsel termasuk salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kerawanan kebakaran hutan, kebun dan lahan cukup tinggi.

Sejak terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan beserta asapnya yang besar di tahun 2015, tercatat luas hutan, kebun, dan lahan yang terbakar mencapai sekitar 736.563 hektar.

Namun pada tahun berikutnya yaitu tahun 2016 kebakaran hanya seluas 978 hektar, kemudian tahun 2017 kebakaran seluas 9.285 hektar, Ialu tahun 2018 kebakaran seluas 41.150 hektar.

Berarti terjadi penurunan yang signifikan.

Demikian juga terhadap jumlah titik panas (hotspot) dimana pada periode yang sama telah terjadi penurunan dari 27-043 titik di tahun 2015 menjadi 1.214 titik di tahun 2017 dan tahun 2018 berjumlah 2.840 titik hotspot.

Potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Sumsel cukup tinggi dengan adanya lahan gambut yang cukup luas yaitu 1,42 juta hektar atau sekitar seper Iima dari luas wilayah Sumsel.

Halaman
123
Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved