Pemilu 2019

Raih 7 Kursi di Lima Daerah Pemilihan, Demokrat Lahat Berpotensi Duduki Jabatan Ketua DPRD Lahat

Melakukan penghitungan sendiri, Partai berlambang Merci ini mengklaim meraih tujuh kursi dari lima daerah pemilihan yang ada di Kabupaten Lahat.

Raih 7 Kursi di Lima Daerah Pemilihan, Demokrat Lahat Berpotensi Duduki Jabatan Ketua DPRD Lahat
Sripoku.com/Ehdi
Pengurus DPC Demokrat Lahat saat pelantikan beberapa waktu lalu. 

Laporan wartawan Sripoku. Com Ehdi Amin

SRIPOKU.COM, LAHAT  - Kendati belum ada pengumuman resmi dari KPU Kabupaten Lahat, terkait hasil Pemilu Legislatif (Pileg) lantaran saat ini masih proses penghitungan.

Namun, sejumlah partai sudah mengetahui perolehan suara yang didapat dalam pemilu 17 April 2019. Masing masing partai melakukan penghitungan sendiri. Partai Demokrat misalnya. Partai berlambang Merci ini mengklaim meraih tujuh kursi dari lima daerah pemilihan yang ada di Kabupaten Lahat.

Hal tersebut seperti dikatakan Ketua DPC Partai Demokrat Lahat, Cik Ujang, SH melalui Pengurus Harian DPC Demokrat Lahat, Kiki Subagio. Dikatakan Kiki, pihaknya sendiri sudah rampung melakukan penghitungan suara untuk calon DPRD Lahat. Hasilnya, dari lima Dapil yang ada, partai besutan SBY tersebut akan mengirimkan wakilnya ke DPRD Lahat.

"Alhamdulillah untuk penghitungan internal diambil dari C1 dari lima Dapil kita akan memiliki wakil di DPRD Lahat, "ucap Kiki, saat dihubungi, Minggu (21/4).

Bahkan, kata Kiki dua Dapil yakni Dapil 1 Kota Lahat dan Dapil 5 meliputi kecamatan Kikim Area Partai dibawah Komando Cik Ujang, yang kini menjabat Bupati Lahat, akan meraih masing masing dua kursi sehingga total kursi yang akan diperoleh tujuh kursi. "Jika tujuh kursi potensi untuk mendapatkan jabatan ketua DPRD Lahat akan sangat terbuka. Apalagi jika melihat sebelumnya PDIP yang menjadi pemenang hanya enam kursi, "ujarnya.

Diakui Kiki terjadi peningkatan perolehan kursi jika pada pemilu sebelumnya Demokrat Lahat sendiri hanya meraih empat kursi di DPRD Lahat.

"Banyak faktor suara partai Demokrat bisa bertambah mulai dari pencalonan Caleg yang selektif, kekompakkan pengurus anak Cabang Partai dan tentunya pengaruh ketua DPC Demokrat Lahat, Cik Ujang, "katanya.

Hal yang sama juga terjadi atas perolehan suara partai Gerindra Kabupaten Lahat, yang menfklaim mengalami kenaikan yang cukup sugnifikan.

Dari sekitar 12 ribu suara dan memperoleh 4 kursi pada Pileg tahun 2014 lalu. Pada pileg 2019 ini diprediksi suara Gerindra Lahat mencapai 26 ribu suara. Bahkan diprediksi mendapat 6 kursi dan tersebar di lima dapil yang ada di Lahat.

"Untuk Dapil IV kawasan Tanjung Sakti Area dan Jarai Area dari sebelumnya satu kursi bisa dua kursi. Lalu untuk Dapil III dari sebelumnya tidak ada kursi mendapat satu kursi," ungkap Ketua Partai Gerindra Lahat, Gaharu.

Sementara, Ketua DPD PAN lahat M Ariadi SE mengungkapkan untuk di Lahat, PAN dari 3 kursi menjadi 4 kursi. "Bertambahnya di Dapil II. Kalau sebelumnya kursi PAN ada di dapil I Lahat, dapil III dan Dapil V," ujar Ariadi. Cr22

Penulis: Ehdi Amin
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved