Pilpres 2019

Prabowo - Sandi Menang Saat Penghitungan Pemilihan Lanjutan di TPS 36 Kecamatan IT II Palembang

Pasangan Calon (Paslon, red) nomor urut 02, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno berhasil meraih suara terbanyak di TPS 36 Kelurahan 2 Ilir, Kecamatan Ili

Prabowo - Sandi Menang Saat Penghitungan Pemilihan Lanjutan di TPS 36 Kecamatan IT II Palembang
SRIPOKU.COM/RESHA
Suasana penghitungan surat suara di TPS 36 Kelurahan 2 Ilir, Kecamatan Ilir Timur 2 Palembang, Minggu (21/4/2019). Di TPS tersebut dilakukan Pemilihan Lanjutan, lantaran saat hari pencoblosan Rabu (17/4/2019), surat suara Pemilihan Presiden kurang mencukupi dengan jumlah DPT yang ada. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Resha

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pasangan Calon (Paslon, red) nomor urut 02, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno berhasil meraih suara terbanyak di TPS 36 Kelurahan 2 Ilir, Kecamatan Ilir Timur 2 Palembang. Hal tersebut diketahui usai melakukan penghitungan di TPS yang diadakan Pemilu Lanjutan tersebut.

Sebelumnya, pemungutan suara di TPS itu mengalami penundaan karena surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres, red) mengalami kekurangan, Rabu (17/4/2019). Kekurangan tersebut karena Daftar Pemilih Tetap (DPT, red) yang ada di TPS tersebut berjumlah 288 orang.

Namun, surat suara yang ada hanya berjumlah 113 surat suara, kurang 175 lagi. Sehingga, di TPS tersebut dilakukan Pemilu Lanjutan pada Minggu (21/4/2019).

Penghitungan pemungutan suara yang sempat dilakukan pada Rabu lalu, digabung dengan pemungutan suara yang dilakukan pada Minggu ini. Hasilnya, Paslon Nomor urut 02 berhasil mendulang 163 suara, dibandingkan Paslon nomor 01 Joko Widodo Ma'ruf Amin yang hanya memperoleh 68 suara.

Pada Rabu lalu, sebanyak 113 orang telah mencoblos untuk Pilpres. Sedangkan Minggu ini ada 119 orang yang melakukan pencoblosan lanjutan, sehingga total seluruhnya berjumlah 232 plus 1 suara dianggap tidak sah, telah mencoblos di TPS tersebut.

Ketua KPU Kota Palembang, Eftiyadi mengatakan, sejauh pantauannya saat proses berlangsung tidak ada masalah. Ia mengungkapkan, pada hari pelaksanaan Rabu kemarin sekitar 40 persen dari DPT di tempat tersebut belum melakukan pencoblosan

"Alhamdulillah, kita lihat semua berjalan dengan lancar. Kita harap akan terus lancar hingga akhir," ujarnya saat memantau TPS tersebut.

Di Kecamatan Ilir Timur II Palembang, Eftiyadi mengatakan baru 2 TPS ini yang melakukan pemilihan lanjutan. Namun, pihaknya masih akan menunggu rekomendasi dari Bawaslu apakah masih ada TPS yang melakukan pemilihan kembali, baik dalam bentuk pemilihan ulang maupun lanjutan.

"Kita masih menunggu pleno dari Bawaslu, apakah ada lagi atau tidak. Sejauh ini, belum ada lagi," jelasnya. (mg5)

Penulis: RM. Resha A.U
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved