Berita Pagaralam

Polres Pagaralam Periksa Kesehatan Petugas Pemilu, Antisipasi Petugas Kelelahan hingga Meninggal

Untuk mengantisipasi adanya petugas yang sedang melakukan Pleno ditingkat Penitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang kelelahan

Polres Pagaralam Periksa Kesehatan Petugas Pemilu, Antisipasi Petugas Kelelahan hingga Meninggal
KOLASE SRIPOKU.COM/WAWAN SEPTIAWAN
Anggota Polres Pagaralam melalui bagian kesehatan melakukan pemeriksaan semua petugas yang sedang melakukan perhitungan di PPK Kota Pagaralam, Minggu (21/4/2019). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Wawan Septiawan

SRIPOKU.COM, PAGARALAM-- Untuk mengantisipasi adanya petugas yang sedang melakukan Pleno ditingkat Penitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang kelelahan, sakit bahkan meninggal saat bertugas di PPK seperti yang terjadi di beberapa daerah.

Polres Pagaralam melakukan giat pemeriksaan kesehatan setiap petugas baik PPK, KPPS sampai petugas jaga yaitu Polri dan TNI yang ada. Hal ini dilakukan agar semua petugas yang sedang bertugas bisa mengetahui kondisi fisik mereka.

Pasalnya sejak 17 April 2019 usai pencoblosan para petugas atau panitia Pemilu terus saja bekerja baik melakukan perhitungan sampai mengamankan hasil pemcoblosan.

Hal inilah yang dikhawatirkan membuat fisik mereka drop hingga menyebabkan hal yang tidak diinginkan.

Kapolres Pagaralam, AKBP Tri Saksono Puspoaji SIk MH mengatakan, pihaknya sengaja mengirim tim kesehatan Polres disetiap lokasi pleno PPK di lima kecamatan yang ada.

"Kita tugaskan semua tim kesehatan kita untuk mengecek kondisi fisik dan kesehatan semua petugas yang sedang bertugas di Pleno PPK seluruh kecamatan di Pagaralam," ujarnya.

Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan jika kondisi petugas PPK dan petugas keamanan yang ada dalam kondisi sehat dan tidak dalam kondisi kelelahan.

"Ini kita lakukan untuk mengantisipasi kejadian seperti daerah lain di Indonesia yang petugas meninggal dunia akibat kelelahan saat bertugas menjaga kotak suara dan hasil pencoblosan," katanya Kapolres.

Kapolres juga memerintahkan petugas kesehatan untuk memberikan obat bagi petugas yang terindikasi mengalami gangguan fisik atau dalam kondisi kelelahan.

"Jika saat diperiksa petugas terindikasi kelelahan maka diminta untuk istirahat dan diusahan bisa digantikan dengan petugas lainnya," tegasnya.

Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni juga mengimbau semua petugas yang sedang bertugas di tingkat kecamatan untuk tetap menjaga kesehatan. Jika memang sudah merasa kelelahan untuk beristirahat sejenak.

"Jangan dipaksakan, jika memang harus istirahat maka istirahat dulu dan gantikan dengan petugas lainnya. Meskipun sedang menjalankan tugas negara namun harus tetap menjaga kesehatan," imbaunya.

10 Kutipan Surat R.A Kartini yang Membangkitkan Martabat Wanita Indonesia, Selamat Hari Kartini!

Mulan Jameela Ucapkan Selamat ke Titiek Soeharto, Keberadaan Safeea Disoroti Adik Ahmad Dhani

Hukum Membayar Fidyah Puasa dengan Uang, Bolehkah? Ternyata Begini Penjelasan Lengkapnya!

Penulis: Wawan Septiawan
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved