Berita Palembang

Pemkot Jadikan IPIM Mitra, Perhatikan Penghafal Alquran dan Imam Masjid di Palembang

Ratusan santriwan dan santriwati dari Pondok Pesantren Ahlul Quran dan Al Lathifiyah Palembang,

Pemkot Jadikan IPIM Mitra, Perhatikan Penghafal Alquran dan Imam Masjid di Palembang
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Pimpinan Wilayah Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Provinsi Sumsel 2019-2024 KH Nawawi Dencik Alhafidz berfoto bareng 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Ratusan santriwan dan santriwati dari Pondok Pesantren Ahlul Quran dan Al Lathifiyah Palembang, berhasil mengkhatamkan Al Quran 30 juz setelah 15 minggu berjalannya program khotmil quran yang dipusatkan di Pendestrian Halte Cinde Palembang, Sabtu (20/4/2019) malam.

Menurut Pimpinan Wilayah Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Provinsi Sumsel, KH Nawawi Dencik Alhafidz, kegiatan khotmil quran ini diselenggarakan dalam rangka mendukung program Pemkot Palembang yakni Palembang Mengaji. Kegiatan ini mulai diadakan sekitar akhir 2018 lalu.

“Setiap malam ahad, santriwan dan santriwati kita bisa mengkhatamkan dua sampai tiga juz. Dan malam ini kita berhasil mengkhatamkan,” terang Nawawi Dencik saat menyampaikan sambutan pada malam Penutupan Khotmil Quran Sesi Pertama Palembang Mengaji.

Ditambahkan Nawawi, kegiatan ini akan terus berlanjut meskipun dalam waktu dekat umat muslim akan melaksanakan Ibadah Puasa Ramadan. Akan tetapi, pihaknya akan memindahkan lokasi khotmil quran di masjid-masjid yang ada di Kota Palembang.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini, kita ingin generasi muda supaya kembali ke jalan yang benar,” kata Nawawi.

Walikota Palembang H Harnojoyo selaku Pembina PW IPIM Provinsi Sumsel melalui Sekda Kota Palembang Drs Ratu Dewa MSi mengatan IPIM ini akan dijadikan mitra Kota Palembang dalam rangka Safari Subuh. Jadi imam-imam inilah nanti berdampingan dengan 107 ustadz/ustadzah yang sudah ada dan 400 penambahan.

"Tapi ini akan kita optimalkan khusus untuk imam di masjid-masjid, mushola dan langgar. Pengurus IPIM inilah yang coba akan kita support. Kita akan segera anggarkan biaya APBDp khusus 20 para penghafal Alquran
Imam-imam juga akan kita perhatikan. Jadi kita akan upayakan di setiap masjid, mushola, imam-imam ini akan kita kaji nantinya," kata Ratu Dewa.

Ratu Dewa yang juga Ketua Pengurus Cabang Ikatan Sarja Nahdatul Ulama (ISNU) Kota Palembang mengatakan, kalau ini sudah ditargetkan para penghafal agar bisa dianggarkan 20 orang setiap malam minggu setiap bulan.

"Sedangkan untuk yang imam-imam sedang kita kalkulasikan. Belum sampai ke nominal karena ini spontan tadi," kata pria yang pernah menjabat Kabag Humas Pemkot Palembang.

Jelang bulan suci ramadhan, dengan adanya IPIM ini kata Dewa, sudah mulai, begitu nanti minggu depan ia sudah minta Kesra tadi untuk menginventarisir nama-nama IPIM yang layak untuk direkomendasikan di mushala, di masjid. Mungkin dari Kesra ada syarat-syaratnya.

Sekjen DPP IPIM Syarifudsin Muhammad mengharapkan para imam menjadi penggerak bagi masyarakat untuk menjadi ke jalan Allah dengan membaca Alquran dan sholat berjamaah.

"Kita hidupkan mushola-mushola, masjid-masjid dengan Alquran, dengan sholat," ujarnya.

Pada Ramadan, mereka akan mengirim imam-imam masjid untuk menghidupkan suasana masjid. Insya Allah dengan kegoatan IPIM ini Insya Allah akan menjadi lebih baik.

Kita sangat bersyukur ada rencana Pemkot memberikan perhatian. Alhamdulillah perhatian mereka luar biasa. Saya berharap kita hidupkan ekonomi umat melalui masjid.

Blak-blakan Erina Taulany Hina Prabowo Subianto, Andre Taulany Disindir Ustaz Ini, Bakal Dipenjara?

Bak Dikutuk, 4 Penyanyi Ini Termakan Karma Lagunya Sendiri, No 4 Sampai Dipermalukan Suami

Diisukan Selingkuh, Penampilan Lina Mantan Istri Sule Kini Berubah Drastis, Punya Panggilan Baru!

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved