Berita Palembang

Bawaslu Sumsel Minta Segera Gelar PSL dan PSU Sejumlah Daerah di Sumsel

Bawaslu Sumsel Minta Segera Gelar PSL dan PSU Sejumlah Daerah di Sumsel

Bawaslu Sumsel Minta Segera Gelar PSL dan PSU Sejumlah Daerah di Sumsel
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Bawaslu Sumsel Minta Segera Gelar PSL dan PSU Sejumlah Daerah di Sumsel 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) merekomendasikan agar dilaksanakan Pemungutan Suara Susulan (PSS), Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) dan/atau Pemungutan Suara Ulang (PSU) di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Sumatera Selatan.

Rekomendasi tersebut dikeluarkan, menindaklanjuti laporan dan hasil pengawasan di seluruh TPS di Sumatera Selatan (Sumsel), yang didapati warga negara kehilangan hak pilih atau pelanggaran pemilu berupa orang yang tidak berhak memilih melakukan pencoblosan di TPS.

“Untuk menjaga hak pilih warga negara, dan menegakkan prinsip keadilan pemilu, jajaran pengawas pemilu di Sumsel merekomendasikan agar dilakukan Pemilu Susulan, Pemilu lanjutan hingga pemungutan suara ulang,” kata, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan, Iin Irwanto ST MM dalam jumpa pers usai menggelar rapat pleno di Sekretariat Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (20/4/2019).

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Ditingkat PPK di Lubuklinggau Langsung Dipantau Kapolres dan Dandim

Panitia Pemilihan Kecamatan Salurkan Logistik Pemilihan Lanjutan Dua TPS di Palembang

Kelly: Silahkan Saja Caleg Saling Klaim Raih Suara Terbanyak di Medsos, Hasil Resmi Tetap dari KPU

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, anggota Bawaslu Provinsi Sumsel Junaidi, Iwan Ardiansyah, Syamsul Alwi dan Yenli Elmanoferi serta Kasubag Hukum, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Karlisun.

Dari laporan yang diterima Bawaslu Provinsi Sumsel, di Provinsi Sumsel terdapat sedikitnya 484 TPS yang berpotensi untuk digelar pemilu lanjutan.

Dari jumlah tersebut 445 di antaranya berada di wilayah kabupaten Banyuasin, sementara sisanya, tersebar di Kota Palembang (25 TPS), Ogan Ilir (12 TPS), OKI (1 TPS), Prabumulih (1 TPS).

Sementara untuk PSU digelar di 1 TPS di Banyuasin.

“Salah satu penyebab dilakukannya PSU adalah jika ada orang yang tidak berhak memilih melakukan pencoblosan di TPS,” ujar Iin.

Adapun Pemungutan Suara Susulan (PSS), digelar jika terjadi kerusuhan, gangguan, keamanan, bencana alam atau gangguan lainnya yang mengakibatkan seluruh tahapan penyelenggaran pemilu tidak dapat dilaksanakan.

Halaman
1234
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: adi kurniawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved