21 April , 2 TPS Palembang Gelar Pemungutan Lanjutan.445 TPS Banyuasin Gelar Pemilu Susulan 27 April

sebanyak 445 TPS di 4 Kecamatan Kabupaten Banyuasin dijadwalkan 27 April 2019 bakal menggelar Pemilu Susulan.

21 April , 2 TPS Palembang Gelar Pemungutan Lanjutan.445 TPS Banyuasin Gelar Pemilu Susulan 27 April
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Rekapitulasi penghitungan suara Pilprea Kelurahan 15 Ulu, Jakabaring. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Ketua KPU Sumsel Dra Kelly Mariana menyatakan sebanyak dua TPS Kecamatan IT 2 bakal menggelar pemungutan suara lanjutan, Minggu (21/4/2019).

"Yang Kota Palembang di Kecamatan IT 2 ada di TPS Kelurahan Lawang Kidul dan Kelurahan 2 Ilir akan melaksanakan pemungutan suara lanjutan semua jenis surat suara pada hari Minggu ini, 21 April," ungkap Kelly Mariana, Jumat (19/4/2019).

Untuk permasalahan yang ada dengan Kota Palembang, Kelly yang dikenal juga sebagai konsultan kepemiluan bernama BRIDGE (Building Resources in Democracy Governance and Elections) yang berpusat di Canbera, Australia sebelumnya kekurangan surat suara Pemilihan Presiden (Pilpres). Alhasil, para pemilih enggan untuk mencoblos seluruh surat suara.

"Untuk Palembang ini sudah dikaji hukum dan prosedur untuk melakukan pemilu lanjutan. Ada 2 KPPS yang mengajukan ke PPS. Kemudian ke PPK, lalu ke KPU Kota. Syarat pemungutan ulang jenisnya pemungutan lanjutan. Karena kejadiannya pemungutan dihentikan ketika surat suara Pilpres habis. Karena pemilih tidak mau nyoblos. Sementara di tempat lain masih ada yang masih mau nyoblos. Mereka yang berhenti ini harus ada pemilu lanjutan untuk orang yang belum memilih," jelas Kelly.

Sementara sebanyak 445 TPS di 4 Kecamatan Kabupaten Banyuasin dijadwalkan 27 April 2019 bakal menggelar Pemilu Susulan.

"Untuk Dapil 2 DPRD Kabupaten Banyuasin yang meliputi kecamatan Soak Tape, Betung, Pulau Rimau dan Tungkal ilir rencananya 27 April akan digelar pemilu susulan dan paling lambat 28 April," kata Kelly.

Ketua KPU Sumsel Dra Kelly Mariana
Ketua KPU Sumsel Dra Kelly Mariana (SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ)

Menurut Kelly yang juga komisioner divisi Keuangan, umum dan logistik, soal kepastian kapan pelaksanaan pemilu susulan ini masih menunggu proses keperluan yang tengah diurus di KPU RI.

"Kita sudah kirim hal ini ke KPU RI. Jadi ini masih diurus karena menyangkut kebutuhan Surat Suara, anggarannya. Karena ini cukup banyak ada 445 TPS. Sampai Jumat sore ini belum ada konfirm KPU RI untuk cetak surat suara yang salah," kata Alumni Fisip Unsri.

Kelly mengatakan adanya pemungutan suara susulan maupun pemungutan suara lanjutan ini tidak akan berpengaruh besar pada tahapan pemilu.

Halaman
123
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved