News Video Sripo

Video Bawaslu Sumsel Rekomendasikan KPU Gelar Pemilihan Ulang Paling Lambat 10 Hari Kedepan

Bawaslu Sumsel Rekomendasikan KPU Gelar Pemilihan Ulang Paling Lambat 10 Hari Kedepan, Kurangnya Logistik Pemilu SRIPOKU.COM, PALEMBANG

Bawaslu Sumsel Rekomendasikan KPU Gelar Pemilihan Ulang Paling Lambat 10 Hari Kedepan, Kurangnya Logistik Pemilu

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Terkait banyaknya kendala terjadi dilapangan pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 khususnya di wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merekomendasikan untuk dilakukan pemilihan ulang, Kamis (18/4/’2019).

“Sejak Pukul 07.00 WIB kemarin, kita sudah menerima laporan terkait beberapa temuan dan ada 9 kabupaten/kota yang sudah kita inventarisir, kemudian kita merekomendasikan kepada KPU untuk melakukan pemilihan ulang paling lambat 10 hari kedepan,“ ungkap Samsul Alwi Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sumsel,

Menurut dia, meski banyak temuan kejanggalan dilapangan, namun secara teknis tidak menggangu tahapan jalannya Pemilu. Hanya saja, hal ini yang menjadi perhatian ialah, yang terpenting bagaimana caranya menyerap hak suara dari masyarakat untuk memilih.

Samsul menerangkan, sejauh ini ada 27 TPS yang kurang Surat Suara (SuSu) yang ada di Kota Palembang, kemudian di Kabupaten Banyuasin yang seharusnya mulai Pemilihan sejak Pukul 07.00 karena adanya keterlambatan Susu, sehingga memulai menghitung mulai pukul 15.00 WIB dan saat ini masih dalam proses inventarisir.

“semuanya sudah kota tindak lanjuti, untuk Palembang sudah kita usulkan Pemilu lanjutan atau Pemilihan ulang yang sudah kita rekomendasikan ke KPU masing-masing wilayah,” jelas dia.

Apresiasi Kesiapan Muratara Tuan Rumah STQ ,Gubernur Harapkan STQ Lahirkan Qori dan Qoriah Terbaik

UPDATE Ibu Rumah Tangga yang Ditemukan Tewas Bersama Anaknya di Palembang, Diduga Caleg yang Gagal

Pemilihan Ulang ini, teknisnya pihaknya meminta untuk melengkapi logistik yang kurang, dalam hal ini terjadi di Kota Palembang dan menjadi tanggung jawab KPU Palembang untuk melengkapi logisti, seperti SuSu dan kotak suara yang kurang.

“Seluruh perlengkapan SuSu pada TPS yang banyak kurang harus dilengapi, sehingga hak-hak masyarakat untuk memilih bisa tetap berlangsung dan itu harus dilakukan paling lambat 10 hari harus dilakukan dan direkomdasikan dari Bawaslu,” jelas dia.

Selain itu, kendala lain, kurangnya ansipasi dari KPU lantaran DPT yang lebih itu terdata ada 2 persen.

“Untuk itu, harus diantisipasi dan melakukan pencegahan betul-betul diperhatikan oleh KPU dan dilakukan rekapitulasi. Sejauh ini pihaknya belum menemukan bukti adanya tindak kecurangan,” ujarnya.

Download Lagu Soundtrack Film Avengers: Endgame yang akan Tayang Serentak Pada 24 April di Indonesia

Download Lagu Soundtrack Film Avengers: Endgame yang akan Tayang Serentak Pada 24 April di Indonesia

Halaman
12
Penulis: Rahmad Zilhakim
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved