Gelar Pemilu Susulan di Banyuasin, Di Kenten Laut dan Dapil 2 DPRD Banyuasin

KPU Sumsel bakal menggelar Pemilu susulan di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Kenten Laut Kabupaten Banyuasin. Di tiga TPS tersebut ti

Gelar Pemilu Susulan di Banyuasin, Di Kenten Laut dan Dapil 2 DPRD Banyuasin
Sriwijaya Post edisi cetak
Gelar Pemilu Susulan di Banyuasin. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel bakal menggelar Pemilu susulan di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Kenten Laut Kabupaten Banyuasin.

Di tiga TPS tersebut tidak ada kotak suara maupun surat suara pada saat pencoblosan.

"Dua TPS sudah melakukan pemungutan suara meski surat suara tidak lengkap, sedangkan di 3 TPS lainnya masyarakat tidak mau melakukan pencoblosan karena surat dan kotak suara hilang," jelas Ketua KPU Sumsel Dra Kelly Mariana dalam jumpa pers di KPU Sumsel, Rabu (17/4) petang.

Jumpa pers dihadiri Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Zulkarnain Adinegara, dan Komisioner KPU Sumsel Hendri Daya Putra SAg (Divisi Teknis Penyelenggaraan), Amrah Muslimin SE MSi (Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM), Hepriyadi SH MH (Divisi Hukum dan Pengawasan), serta Hendri Almawijaya MPd (Divisi Perencanaan, Data dan Informasi) di Kantor KPU Sumsel.

Menurut Kelly, hilangnya kotak suara dan surat suara tersebut sedang diselidiki. Apakah ada unsur kelalaian atau lainnya karena
sejauh ini belum ada laporan.

"Jumlah TPS-nya ada 5, yaitu TPS 9, 10, 11, 12 dan 13," kata Kelly menambahkan. Sedangkan untuk di daerah pemilihan (Dapil) 2 untuk DPRD Kabupaten Banyuasin yang meliputi Kecamatan Soak Tape, Betung, Pulau Rimau dan Tungkal Ilir juga dilakukan Pemilu susulan.

"Di Dapil ini ada 445 TPS, nanti akan dilakukan Pemilu susulan juga," jelasnya. Mengenai keterlambatan distribusi logistik di Kecamatan Talang Kelapa Banyuasin, dijelaskan lebih karena faktor cuaca dan komunikasi antara PPK dengan KPPS.

"Selain cuaca, juga karena jalan dari Pangkalan Balai menuju Talang Kelapa macet. Namun pemilih sudah melakukan pencoblosan," terangnya.

Sedangkan untuk persoalan yang ada di Kota Palembang baik surat suara yang sudah tercoblos maupun surat suara yang kurang, saat ini sedang dilakukan inventarisir. Dari inventarisir tersebut akan menjadi masukan untuk membuat keputusan seperti apa yang akan diambil.

Sementara Komisioner Divisi Sosialisasi KPU Sumsel, Amrah Muslimin menjelaskan, ada beberapa hal yang menyebabkan dilakukan Pemilu susulan.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved