Pemilu 2019

Pelaksanaan Pemilu 2019, Muaraenim Kekurangan Surat Suara

Pelaksanaan Pemilu 2019 kali ini, diakui atau tidak banyak menemui masalah. Mulai dari nama pemilih tak tercantum di Daftar Pemilih Tetap (DPT), kotak

Pelaksanaan Pemilu 2019, Muaraenim Kekurangan Surat Suara
Sriwijaya Post edisi cetak
Sriwijaya Post edisi cetak - Muaraenim Kekurangan Surat Suara. 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Pelaksanaan Pemilu 2019 kali ini, diakui atau tidak banyak menemui masalah. Mulai dari nama pemilih tak tercantum di Daftar Pemilih Tetap (DPT), kotak suara kardus yang banyak rusak hingga kekurangan surat suara. Di Muaraenim, surat suara untuk anggota DPR RI Dapil III kekurangan 421 lembar.

Pemilih Perempuan Masih Mendominasi, Kekurangan Surat Suara sudah Digantikan

Kekurangan Surat Suara, TPS 3 Gandus Minta Talangi dari TPS Sekitar

Memasuki H-3 Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Pilpres dan Pileg DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, ternyata Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muaraenim, masih kekurangan surat suara DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) III sebanyak 421 lembar.

"Kita sudah laporkan masalah kekurangan tersebut ke KPU Provinsi dan KPU RI," kata Ketua KPU Muaraenim Ahyaudin, Senin (15/4). Menurut Ahyaudin, untuk masalah surat suara sebagian besar sudah digeser ke kecamatan dalam Kabupaten Muaraenim terutama letaknya yang terjauh dan sulit. Namun diakuinya, masih ada sebanyak 421 lembar surat suara yang kurang untuk DPR RI Dapil III yang akan ditempatkan dalam dua TPS.

Terkait masalah kekurangan surat suara tersebut, lanjut Ahyaudin, pihaknya sudah melaporkan baik ke KPU Provinsi dan KPU RI, dan langsung ditanggapi dengan mencetak kembali sesuai dengan kekurangan tersebut. Namun setelah dikirim dan dicek, ternyata tidak sesuai dengan permintaan karena masih ada yang kurang. Dan pihaknya kembali melaporkan kekurangan tersebut untuk segera dipenuhi. "Kita akan jemput bola, jika kekurangan tersebut dikirimkan. Meski tengah malam, saya akan jemput," ujarnya.

MUlai Distribusi
Sementara di OKI surat suara mulai didistribusikan ke 18 Kecamatan. Kotak suara dan surat suara serta alat pencoblosan untuk legislatif, DPD, dan Presiden sudah di distribusika ke kecamatan sejak tiga hari yang lalu. Tumpukan kotak suara tadi diangkut menggunaan kendaraan truk dengan dikawal ketat oleh petugas kepolisian.

Ketua KPU OKI Deri Siswandi SIP MSi melalui Kabag Program Chandra mengatakan, kotak suara dan perlengkapan pencoblosan sebagian sudah di kirim ke kecamatan yang dianggap rawan dan jauh dari Kabupaten Kota.

"Untuk perairan, Air Sugihan, Tulung Selapan, sudah dikirim dan sudah nyampai. Dan hari ini ditargetnya pengiriman selesai," kata Chandra, seraya berucap untuk pendistribusian di wilayah perairan sudah aman.

Disebutkan Chandra, di 18 kecamatan dan 327 desa, ada 2188 TPS. "Insya Allah pengiriman surat suara tepat waktu dan tidak ada hambatan. Sehingga, sebanyak 523.769 mata pilih semuanya bisa mengikuti pelaksanaan pencoblosan legeslatif, DPRD Kabupaten, Provinsi, Pusat, DPD, dan Presiden," jelasnya. (ari/mbd)

Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved