Berita Palembang

UTBK 2019 Palembang Dimulai Sabtu Besok, Panitia Larang Peserta Bawa Pena Masuk Ruangan

Sebanyak 31.955 peserta yang mendaftar di gelombang pertama dan kedua, akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Palembang.

UTBK 2019 Palembang Dimulai Sabtu Besok, Panitia Larang Peserta Bawa Pena Masuk Ruangan
SRIPOKU.COM/RESHA
Seorang guru sdang mengecek komputer di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Palembang, satu dari 14 tempat yang akan digunakan untuk pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Kota Palembang 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Sebanyak 31.955 peserta yang mendaftar di gelombang pertama dan kedua, akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Palembang, sebagai syarat mengikuti SBMPTN 2019.

Pelaksanaan UTBK ini akan digelar mulai Sabtu (13/4/2019) hingga Minggu (26/5/2019) mendatang.

Tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu akan berlangsung pada Sabtu – Minggu, yang mana tiap hari tersebut akan digelar 2 sesi. Sesi pertama, akan berlangsung dari pemeriksaan identitas pukul 07.30 WIB hingga 11.45 WIB.

Sedangkan di Sesi kedua, akan dimulai dari pemeriksaan identitas pada pukul 12.30 WIB hingga 16.45 WIB.

Panitia di Palembang sendiri telah menyiapkan 14 titik pelaksanaan UTBK. Antara lain, di Gedung Fakultas Kedokteran Unsri, SMKN 2 Palembang, SMK PGRI 1 Palembang, SMA Muhammadiyah 1 Palembang, SMAN 10 Palembang, SMAN 17 Palembang, SMKN 3 Palembang, SMA Xaverius 1 Palembang, SMKN 5 Palembang, SMAN 6 Palembang, SMAN 1 Palembang, SMKN 4 Palembang, UIN Raden Fatah dan SMAN 11 Palembang.

Menurut Ketua Pusat UTBK PTN Universitas Sriwijaya (Unsri) Zainuddin Nawawi, sejauh ini persiapan untuk menggelar UTBK di Palembang sudah cukup baik. Mereka sudah memeriksa 65 server yang akan mengakomodir 14 titik akses yang ada di Kota Palembang tadi.

Belido Darat Juara Turnamen Piala Gubernur Sumsel, Kandaskan Sungai Rotan dalam Drama Adu Penalti

Berpotensi Tsunami , Gempa 6,9 SR Guncang Wilayah Banggai Kepulauan Sulteng

Didatangi Warga Kelompok Tani, PT MAR di Suak Tapeh Banyuasin Siap Angkat Kaki

“Jadi sampai sekarang, segalanya sudah siap. Mulai dari perlengkapan seperti absen, kertas untuk coretan peserta dan untuk ruangan. Kemudian Pengecekan server. Besok pagi-pagi seperti biasa, jam 6 album untuk soal sudah berjalan dari pusat,” ujar Zainuddin saat dikonfirmasi Sripo, Jumnat (12/4/2019).

Ia mengatakan, UTBK kali ini diprediksi akan lebih meringankan peserta. Pasalnya, para peserta tak akan menumpuk di satu titik sehingga tak akan menimbulkan kemacetan yang berimbas pada keterlambatan peserta dalam mengikuti ujian.

Apalagi, dengan sistem komputer yang terpusat, tentu keterlambatan distribusi soal dapat diminimalisir. Sehingga peserta dan panitia tak lagi mengalami chaos karena semua menggunakan sistem online.

“Karena naskah masing-masing di server, tinggal besok dari Jakarta ngasih token untuk membuka segel dari sini,” ungkapnya.

Pihaknya juga diwanti-wanti untuk mengawasi secara ketat peserta yang akan menjalani tes tersebut. Bahkan, dalam satu ruangan nanti peserta dilarang memakai alat komunikasi dan pena, serta hanya boleh menggunakan pensil untuk mencoret-coret perhitungan di atas kertas yang telah disediakan panitia.

“Sebab sekarang sudah ada alat komunikasi berbentuk pena, jadi ga boleh bawa pena. Satu ruangan hanya boleh ada satu pena untuk absen, dan pena itu milik panitia,” jelasnya. (mg5)

Penulis: RM. Resha A.U
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved