Berpotensi Tsunami , Gempa 6,9 SR Guncang Wilayah Banggai Kepulauan Sulteng

Laporan BMKG menyebutkan, bahwa telah terjadi gempa bumi bermagnitudo 6,9 skala richter di Banggai Kepulauan, dan berpotensi Tsunami

Berpotensi Tsunami , Gempa 6,9 SR Guncang Wilayah  Banggai Kepulauan Sulteng
SRIPOKU.COM/ANTON
Ilustrasi gempa bumi. 

SRIPOKU.COM,PALU - Gempa dengan magnitudo 6,9 terjadi di Sulawesi Tengah, tepatnya 113 km dari Morowali dan 85 km dari Banggai.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa yang berpusat pada kedalaman 10 km tersebut berpotensi tsunami. Gempa tepatnya terjadi pada pukul 18.40 WIB pada koordinat 1,9 derajat Lintang Selatan dan 122,54 derajat Bujur Timur. BMKG menyatakan, wilayah Sulawesi Tengah dan Morowali wajib waspada. Gelombang yang pertama bisa saja bukan yang terbesar.

Episentrum dan ketinggian muka air laut gempa Banggai pada Jumat (12/4/2018). (BMKG)
Episentrum dan ketinggian muka air laut gempa Banggai pada Jumat (12/4/2018). (BMKG) (BMKG)

Warga berlarian karena laporan BMKG menyebutkan bahwa gempa itu berpotensi tsunami.

"Kami sudah ada di lereng gunung ini bersama ratusan warga lainnya," kata Pian, seorang warga Luwuk, Ibu Kota Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, yang dihubungi melalui telepon, seperti dilansir dari Antara, Jumat malam. Sementara Amelia, warga kota setempat lainnya mengaku sedang menyimpan barang-barangnya di dalam rumah untuk selanjutnya mengungsi.

"Kami siap-siap ke gunung Om, karena ada laporan, air laut di pantai sudah surut," ujar ibu satu anak yang juga pendeta tersebut. Laporan BMKG menyebutkan, bahwa telah terjadi gempa bumi bermagnitudo 6,9 skala richter pada pukul 18.40 dengan pusat gempa 85 kilometer barat daya Banggai Kepulauan, dengan kedalaman 10 kilometer dan berpotensi tsunami.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa 6,9 SR Guncang Banggai Kepulauan Berpotensi Tsunami, Warga Berlarian ke Gunung ", https://regional.kompas.com/read/2019/04/12/19303321/gempa-69-sr-guncang-banggai-kepulauan-berpotensi-tsunami-warga-berlarian-ke.

Editor : Robertus Belarminus

Editor: Budi Darmawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved