Sudah Lama Terendam Air, Underpass di Kecamatan Kota Lahat Ini Akan Dibenahi dan Dikeringkan

Lama terbengkalai pembangun underpass yang ada di jalan Lingkar Desa Manggul, Kecamatan Kota Lahat, tampaknya akan segera dibenahi.

Sudah Lama Terendam Air, Underpass di Kecamatan Kota Lahat Ini Akan Dibenahi dan Dikeringkan
SRIPOKU.COM/EHDI AMIN
Balai Teknis Perkeretaapian wilayah ll Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Dishub Lahat dan anggota Komisi III DPRD Lahat, saat meninjau underpass Lahat 

Laporan Wartawan Sripoku. Com Ehdi Amin

SRIPOKU.COM, LAHAT - Lama terbengkalai pembangun underpass yang ada di jalan Lingkar Desa Manggul, Kecamatan Kota Lahat, tampaknya akan segera dibenahi. Setidaknya hal ini terlihat saat pihak Kementerian Perhubungan, Direktorat Perkeretaapian melalui Balai Besar Teknis Perkeretapian Wilayah ll, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mendatangi lokasi underpass.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Lahat, Indaharmansyah SP Msi mengatakan underpass yang selama ini terendam akan dilakukan pengeringan sekaligus penambahan mesin pompa air, serta pembuatan drainase lebih kurang 50 meter.

Menurutnya langkah tersebut tidak lepas atas tindaklanjut Komisi lll dan Dishub Lahat ke Kementerian Perhubungan, Dirjen Perkeretapian RI. Menurutnya ada solusi mengatasi underpass dalam jangka pendek akan dikeringkan dan dilihat situasi agar bisa dilalui kendaraan.

Video Underpass Lahat Ditutup, Kini Jadi Kolam Pemancingan Warga
Video Underpass Lahat Ditutup, Kini Jadi Kolam Pemancingan Warga (Sripoku.com / Ehdi Amin)

“Jangka panjang membuat pembuangan air berupa gorong-gorong ke Sungai Lematang melalui kajian,”terangnya, Kamis (4/4).

Disamping itu, menambah mesin pompa air sebanyak 2 unit, dibuang ke drainase disebelah kiri jalan kereta api milik PT KAI.

“Kalau bisa sebelum lebaran underpass sudah bisa difungsikan, sehingga kendaraan besar bisa diarahkan,” harap Indaharmansyah.

Terbengkalai DPRD Lahat Minta Underpass Lahat Diselesaikan

Video Underpass Lahat Ditutup, Kini Jadi Kolam Pemancingan Warga

Sementara itu, Kepala Balai Teknis Perkeretaapian wilayah ll Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Sugianto menyebutkan, revisi anggaran ke Kementerian Perhubungan, khusus menyelesaikan underpass agar akses tersebut bisa dilalui kendaraan besar maupun bus.

“Termasuk juga pompa air akan dikirim secepatnya, termasuk pembuatan drainase disamping rel kereta api,” bebernya.

Akses Underpass di Jalan Lingkar Desa Manggul Lahat Ditutup, Kini Tampak Seperti Kolam Ikan

Terpisah, Ketua Komisi lll DPRD Lahat, Dedi Candera SE menegaskan, minta kepada Dishub dan Kemenhub untuk mencarikan solusi masalah underpass ini. karena sudah banyak masyarakat Lahat melaporkan masalah ini kepada DPRD.

“Kalau tidak diselesaikan, seakan- akan wakil rakyat tutup mata dengan adanya masalah ini,”tegasnya. Cr22

Penulis: Ehdi Amin
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved