Berita Palembang

14.485 Calon Mahasiswa Mendaftar untuk Mengikuti UTBK di Universitas Sriwijaya Palembang

Sebanyak 14.485 calon mahasiswa mendaftar untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Sriwijaya (Unsri).

14.485 Calon Mahasiswa Mendaftar untuk Mengikuti UTBK di Universitas Sriwijaya Palembang
SRIPOKU.COM/RESHA
Ketua Panitia Pusat UTBK PTN Unsri Prof. Zainuddin Nawawi saat menjelaskan bagaimana panitia memantau pelaksanaan UTBK di 14 titik di Palembang. 

Laporan wartawan sripoku.com, Resha

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Sebanyak 14.485 calon mahasiswa mendaftar untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Sriwijaya (Unsri), sebagai syarat untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Walaupun di pendaftaran yang ditutup pada Senin (1/4/2019) malam itu, masih ada sekitar 366 orang yang masih berstatus calon peserta.

"366 itu yang belum bayar. Untuk batas pembayaran sudah malam ini pukul 22.00 WIB," ujar Ketua Pusat UTBK PTN Universitas Sriwijaya (Unsri, red), Prof. Zainuddin Nawawi, Ph. D, kepada Sripo Selasa (2/4/2019).

Sementara itu, untuk gelombang pertama jumlah peserta yang telah mendaftar sebanyak 17.320 orang, terdiri dari Saintek 10.748 orang dan Sosial Hukum 6.572 orang.

Data tersebut tidak mengalami kenaikan meskipun hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah diumumkan.

Naturalisasi Asal Kamerun, Bruno Casimir Jalani Trial, Pelatih Sriwijaya FC Berlakukan Seleksi Ketat

Tiga Wanita Dalam Mobil Toyota Fortuner yang Ditinggal Sopirnya Hanyalah Wanita Penghibur

Jokowi: Penghapusan Pendidikan Agama itu Bohong, Azan Dilarang itu Fitnah, Pernikahan Sejenis Itu ?

Zainuddin mengatakan, jumlah tersebut bukan berarti mereka pasti mendaftar ke Unsri. Sebab, UTBK ini hanya sebagai syarat untuk mendapatkan nilai, agar mereka bisa mengikuti SBMPTN dan bisa melamar ke Perguruan Tinggi Negeri manapun.

"Mereka ikut tes UTBK agar mendapat nilai sebagai syarat mendaftar ke PTN manapun. Mudah-mudahan sebagian besar memilih Unsri," jelasnya.

Pelaksanaan UTBK sendiri akan dimulai pada 13 April - 26 Mei 2019. Untuk menggelar UTBK tersebut, pihak panitia telah menyiapkan 14 titik, antara lain, di Gedung Fakuktas Kedokteran Unsri, SMKN 2 Palembang, SMK PGRI 1 Palembang, SMA Muhammadiyah 1 Palembang, SMAN 10 Palembang, SMAN 17 Palembang, SMKN 3 Palembang, SMA Xaverius 1 Palembang, SMKN 5 Palembang, SMAN 6 Palembang, SMAN 1 Palembang, SMKN 4 Palembang, UIN Raden Fatah dan SMAN 11 Palembang.

Humas dan Publikasi Unsri Prof. Zulkifli Dahlan, M.Si mengatakan pihaknya telah menetapkan kuota untuk mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN tersebut. Yakni, sebesar 40 persen atau sekitar 6.300 bagi penerimaan Strata 1.

"Kalau SBMPTN, minimal 40 persen. Sedangkan untuk jalur SNMPTN minimal 20 persen, dan kuota jalur Mandiri maksimal 30 persen," jelasnya. (mg5)

===

Penulis: RM. Resha A.U
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved