Nekat Mencuri Kotak Amal Masjid ,Rinto Nyaris Menjadi Bulan- Bulanan Warga

Pria berbadan tegap ini dicurigai telah melakukan pencurian isi kotak amal di Masjid Istiqomah yang berada di Dusun I Desa Arisan Buntal Kecamatan Kay

Nekat Mencuri Kotak Amal Masjid ,Rinto Nyaris Menjadi Bulan- Bulanan Warga
SRIPOKU.COM/MAT BODOK
Tersangka Rinto Harahap 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Mat Bodok 

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG -- Rinto Harahap (35) warga Desa Ulak Jermun SP Padang nyaris menjadi bulan bulanan warga Desa Arisan Buntal Kecamatan Kayuagung. Tersangka nekat mengambil kotak amal Masjid Istiqomah, Rabu (27/3/2019). 

Pria berbadan tegap ini dicurigai telah melakukan pencurian isi kotak amal di Masjid Istiqomah yang berada di Dusun I Desa Arisan Buntal Kecamatan Kayuagung OKI, sehingga sempat diamankan polisi di dalam WC masjid tersebut.

TKP Rusak, Anjing Pelacak hanya Berputar - putar Kesulitan Mengendus Jejak Pelaku

Truk Terguling Usai Terobos Jalan Berlubang

Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra didampingi Kapolsek Kayuagung AKP Nasharudin melalui Kanit Reskrim Ipda  Junaidi DH saat dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa tersebut.

 "Tersangka di selamatkan dari amukan massa. Dari amukan massa tadi, petugas polisi menjadi sasaran dan mobil polisi juga kaca bagian belakang pecah akibat massa," kata Ipda Junaidi.

Masih kata Junaidi, polisi mengamankan tersangka lantaran ada warga yang memberikan informasi, saat kita jemput di lokasi, jelas Junaidi, tersangka diamankan di dalam WC Masjid Istiqomah oleh anggota Sat Intelkam Polres OKI, agar terhindar dari amukan massa yang telah berkumpul di sekitar lokasi masjid.

Reskrim Polsek IT 1 Bekuk Buronan Pencuri Spesialis Kabel Telkom

Alex Noerdin Keukeh Datangkan Ronaldinho ke Palembang, Setelah Pemilu 2019

“Kita pun awalnya sedikit kesulitan untuk merangsek masuk ke lokasi masjid, namun setelah dijelaskan bahwa kita dari kepolisian, massa akhirnya mempersilahkan. Begitupun saat kendaraan kita masuk untuk membawa pelaku, massa memberikan jalan,” ujarnya.

Namun, katanya lagi, ketika keluar dari dalam WC pelaku yang kita bawa hendak dimasukkan ke dalam mobil, seketika massa berkerumun melampiaskan kekesalan terhadap pelaku, bahkan kita sendiri sempat terkena luapan emosi massa.

“Beruntung, dengan cepat pelaku berhasil dimasukkan ke dalam mobil, sehingga terhindar dari amukan dan langsung dibawa ke Polsek Kayuagung, meski kendaraan yang kita bawa alami kerusakan akibat luapan emosi massa disana,” ungkapnya.

Dari keterangan yang kita dapat, lanjutnya, kejadian pertama kali diketahui oleh saksi Reni (33) yang saat itu sedang berjalan kaki melintas di dekat Masjid Istiqomah. Lalu ia curiga dengan gelagat seorang pria tak dikenal mondar mandir dan memukuli kotak amal masjid.

“Karena curiga, Reni, warga Arisan Buntal ini memberitahukannya kepada warga lainnya. Selanjutnya, warga ramai ramai langsung mendatangi Masjid Istiqomah dan mendapati diduga pelaku Rinto Harahap sedang berada di dalam masjid,” tutur Kanit.

UPDATE TERKINI! Teman Dekat Melinda Zidemi Ungkap Status WhatsApp Terakhir Sebelum Ditemukan Tewas

Diceritakan Junaidie, stelah ditanya oleh warga, kau lagi apo disini. Dijawab oleh diduga pelaku Rinto Harahap, bahwa dia habis shalat dhuha. Lanjutnya, tetapi warga curiga melihat ada sejumlah uang berada di bawah ambal masjid yang diduga uang isi kotak amal masjid.

“Akhirnya uang sejumlah Rp 51 ribu berikut terduga pelaku diamankan warga. Dimana selanjutnya anggota Sat Intelkam Polres OKI yang cepat datang dan berada di lokasi mengamankannya di dalam WC masjid agar terhindar dari aksi main hakim sendiri oleh masyarakat,” imbuhnya.

Ditambahkan dia, saat ini pelaku Rinto Harahap berikut barang bukti 1 unit sepeda motor Honda Revo warna hitam tanpa nopol, 1 buah kotak amal dan uang sejumlah Rp 51 ribu telah diamankan di Mapolsek Kayuagung untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Rinto Harahap berkilah, bahwa dirinya tidak melakukan pencurian. "Saya sholat pak dan saya tidak mencuri," kilah Rinto pada wartawan. 

Penulis: Mat Bodok
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved