Mau Kuliah Di Palembang , Segini Estimasi Kisaran Biaya Hidup Ala Mahasiswa

sebelum mulai petualangan mengenyam pendidikan di kota pempek, ada baiknya calon mahasiswa mengetahui kisaran biaya hidup yang dibutuhkan selama tingg

Mau Kuliah Di Palembang , Segini Estimasi Kisaran Biaya Hidup Ala Mahasiswa
ISTIMEWA
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Odi Aria 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Tahun ajaran baru 2019/2020 akan segera dimulai pada pertengahan tahun ini. Ribuan mahasiswa baru dari berbagai daerah di Sumsel mulai berdatangan untuk mengenyam pendidikan tinggi di Kota Palembang, Selasa (26/3).

Namun, sebelum mulai petualangan mengenyam pendidikan di kota pempek, ada baiknya calon mahasiswa mengetahui kisaran biaya hidup yang dibutuhkan selama tinggal di ibu kota provinsi Sumsel ini.

Video: Melinda Zidemi Gadis Yang Ditemukan Tewas di Sungai Baung Ternyata Akan Menikah

Pulang dari Belanja Melinda Zidemi Dihadang Dua Orang Pakai Penutup Muka, Berikut Kronoligisnya

Untuk perguruan tinggi negeri, para mahasiswa pada umumnya mengincar berkuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Polteknik Negeri Sriwijaya (Polsri) Palembang, Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang dan Unsri Indralaya.

Sementara untuk kampus swasta, di kota Palembang banyak pula yang cukup diminati oleh para mahasiswa dari daerah seperti Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia (UPGRI), Universitas Bina Darma (UBD), Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), Palcomtech, MDP serta kampus swasta ternama lainnya.

Annisa Pohan Unggah Foto Baru Keadaan Ani Yudhoyono, Agus Yudhoyono Malah Tulis Kalimat Ini, Pamit?

7 Selebgram Ini Pernah Tuai Kontroversi di Medsos, Nomor 4 Sampai Ditegur KPAI karena Terlalu Vulgar

Sebelum berkuliah di Palembang dan memilih tempat tinggal selama empat taun menimba ilmu, ada baiknya para calon mahasiswa untuk mengetahui kebutuhan biaya hidup mulai dari biaya makan, ongkos transportasi hingga biaya ngekos baik bulanan atau tahunan disekitaran lingkungan kampus Anda kelak.

Pada umumnya, kisaran biaya hidup yang dikeluarkan di Palembang dan Indralaya relatif lebih rendah dengan kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Bandung.

M Romadon, salah seorang mahasiswa UIN Palembang mengatakan selama berkuliah di Palembang kebutuhan biaya hidup sekitar Rp 1,5 juta - Rp 2 juta. Dengan rincian uang kosan (tipe kamaran) Rp 600 ribu perbulan, uang makan Rp 30 ribu x 30 hari (Rp 900 ribu) serta uang bensin dan kebutuhan tak terduga lainnya.

"Ya estimasinya segitu, karena saya ngekosnya bulanan. Kalau jelang akhir bulan uang kiriman orang tua mau habis ya dihemat-hematin biaya makannya," ujar mahasiswa asal Pagaralam ini.

Sesosok Mayat Wanita Tanpa Identitas Ditemukan Warga di Aliran Sungai Macan Lindungan Palembang

Selain sewa kos bulanan, para mahasiswa UIN juga ada yang memilih kosan dengan bayaran pertahun. Dimana untuk biaya harga kosan yang berada di sekitaran kampus estimasi biayanya mulai Rp 10 juta - Rp 12 juta pertahun. Ada pula harga kosan pertahun dengan biaya Rp 7 juta pertahun, namun fasilitas yang ditawarkan hanya berupa satu kamar, kamar mandi bersama di luar kamar dan lokasinya tidak begitu dekat dengan kampus.

5 Fakta Istimewa yang Hanya Dimiliki Oleh Perempuan Golongan Darah B, Ini Ulasannya

Halaman
12
Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved