Dr. Yenrizal Tarmizi : Caleg Yang Pasang APK di Pohon Tanda Caleg Tak Cinta Lingkungan

Pengamat Komunikasi Lingkungan UIN Raden Fatah Palembang, Dr. Yenrizal Tarmizi mengatakan, Caleg yang memasang atribut kampanye di pohon tersebut pert

Dr. Yenrizal Tarmizi :  Caleg Yang Pasang APK di Pohon Tanda Caleg Tak Cinta Lingkungan
SRIPOKU.COM/ MG4
Calon Leglislatif (Caleg) yang memasang Alat Peraga Kampanye (APK) di pohon, Senin (25/3) 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Wahyu Kurniawan

Jelang pemilihan serentak yang akan dilaksanakan sekitar Tiga pekan lagi, penampakan Alat Peraga Kampanye (APK) Calon Legislatif (Caleg) banyak bertebaran di kota Palembang. 

Mulai dari baliho, spanduk, dan poster yang dipasang tidak sesuai dengan peraturan Komisi Pemilih Umum (KPU).  Oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab banyak melanggar peraturan dengan memasang APK di pohon-pohon.

Prengki Pukuli Kepala Muhamad Pakai Batu Saat Sujud Salat Subuh di Masjid. Ternyata Ini Motifnya!

Pengamat Komunikasi Lingkungan UIN Raden Fatah Palembang, Dr. Yenrizal Tarmizi mengatakan, Caleg yang memasang atribut kampanye di pohon tersebut pertanda calon tersebut tidak mencintai lingkungan.

“Ketika ada Caleg yang memasang spanduk atau poster di pohon-pohon berarti dia ttidak cinta lingkungan. Indikatornya sangat sederhananya, sedangkan saat ini masyarakat butuh calon wakil rakyat yang peduli terhadap lingkungan,” jelasnya, Senin (25/3).

Hadapi Era Revolusi Industri 4.0, PT . Semen Baturaja Gelar Kelas Kreatif Tumbuhkan Jiwa Wirausaha

Minimalisir Kecurangan , Penduduk Miskin Kota Palembang Bakal Didata Ulang Usai Pemilu

Menurutnya, visi-misi kepedulian lingkungan harus menjadi komitmen setiap Caleg yang berlaga pada pemilu 2019 baik tingkat Kabuapten/ Kota di seluruh Indonesia.

“Mereka harusnya sejak awal sudah tau dan berkomitmen harus peduli lingkungan. Contohnya saja jangan memasang APK mereka di pohon. Ini saja mereka sudah tidak peduli dengan lingkungan,” ujarnya.

Bahkan, hingga saat ini dirinya mengamati belum nampak Caleg yang menawarkan visi-misi terkait isu kepedulian lingkungan, ia hanya melihat para calon masih mengusung visi-misi klasik seperti janji anti korupsi, realisasi pemerintahan yang bersih ataupun penuntasan kemiskinan. Padahal, isu lingkungan ini masih menjadi tugas besar para pemimpin di level legislatif maupun eksekutif.

Ade Hary Saputra, Pelajar SMK Negeri 2 Kota Pagaralam Ikut UNBK di Atas Kursi Roda

Hadiri RUPS BSB Tahun Buku 2018, Herman Deru Minta BSB Lebih Berani Bersaing

Ia pun, menyarankan kepada masyarakat agar memilih Caleg yang bisa menawarkan visi-misi menjaga lingkungan serta melihat jejak pengalamannya.

“Mari lihat sama-sama saja, kira-kira saat kampanye nanti sudah ada belum arah ke isu-isu lingkungan. Jangan sampai nanti ketika sudah jadi anggota legislatif malah merusak dan memanfaatkan lingkungan untuk keuntungan pribadi, izin ini itu buat ekspolitasi, bahaya tentunya. Jadi sebaiknya jangan dipilih calon itu, coba masyarakat lihat Track Recordny calonnya dulu,” ujarnya. (mg4)

Penulis: Wahyu Kurniawan
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved