Pemerintah Segera Berlakukan Tarif Batas Atas dan Bawah Ojek Online

“Regulasi ini sudah diundangkan, jadi kami tinggal melakukan sosialisasi ke beberapa kota besar mulai akhir Maret sampai awal April,” kata Budi Setiya

Pemerintah Segera Berlakukan Tarif Batas Atas dan Bawah Ojek Online
kaskus.co.id
Ilustrasi Ojek Online 

SRIPOKU.COM - Menyusul Peraturan Menteri (PM) nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang telah diterbitkan per 11 Maret 2019. Pemerintah segera memberlakukan mengenai tarif atas dan tarif bawah ojek online (ojol)

Oleh karena itu, para ojek online (ojol) mulai saat ini wajib mematuhi PM nomor 12 Tahun 2019 itu.

“Regulasi ini sudah diundangkan, jadi kami tinggal melakukan sosialisasi ke beberapa kota besar mulai akhir Maret sampai awal April,” kata Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Darat.

 
Budi memberikan pernyataan itu pada saat jumpa pers di Kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat (19/3/2019).

Meskipun PM tersebut telah resmi diundangkan dan ditandatangi oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi per 11 Maret 2019, tugas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat belum usai.

Pihaknya masih akan membuat Surat Keputusan Menteri yang akan mengatur besaran biaya jasa dari ojek online ini.

Dimana mengenai biaya jasa, terbagi menjadi dua, yaitu biaya langsung dan biaya tak langsung ini.

"Kami harus memperhatikan dari segi ekonomi, sosial, dan budaya. Masing-masing daerah punya persepsi dan ekspektasi yang berbeda terkait tarif. Paling lambat akan diselesaikan dalam minggu ini, jika ada persoalan dapat diselesaikan," kata Budi.

Menyangkut biaya jasa ojek online tersebut, lanjut Budi, pihaknya juga menerima beberapa masukan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Pengaturan biaya jasa ini nantinya akan menggunakan sistem tarif batas bawah dan batas atas.

"Perlu adanya tarif batas atas agar konsumen atau masyarakat dapat terlindungi dari tarif yang dapat dinaikkan dengan semena-mena. Seperti yang diusulkan YLKI," katanya.

Tak hanya seputar ojek online, PM 12/2019 ini juga mengatur mengenai ojek pangkalan. Seperti yang dikatakan oleh Ahmad Yani selaku Direktur Angkutan Jalan.

Bahwa ojek pangkalan diatur seputar persyaratan teknis dan cara pengemudi dapat mengendarakan kendaraan dengan berkeselamatan.

“Keselamatan, kemitraan, suspend, dan biaya jasa adalah poin-poin yang menjadi isi utama dalam PM 12/2019. Itu semua dirangkum dalam 21 pasal,” kata Yani.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Tarif Batas Atas dan Bawah Ojek Online Segera Diberlakukan, Persyaratan Teknis Ojek Pangkalan Juga, http://wartakota.tribunnews.com/2019/03/19/tarif-batas-atas-dan-bawah-ojek-online-segera-diberlakukan-persyaratan-teknis-ojek-pangkalan-juga.
Penulis: Mohamad Yusuf

Terhalang Restu Orang Tua, Ini Deretan Artis yang Rela Putuskan Kekasihnya, Nomor 3 Masih Anyar

Baru Rayakan Ultah, Feby Marcelia Dapat Kado Spesial dari Suami Sampai Tulis Jangan Lupa Tersenyum

Siap Saingi Wajah Imut Sang Kakak, Intip Potret Garis Kasih Pertiwi Adik Putri Titian

Editor: Budi Darmawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved