Seleksi Olimpiade Sains SMP Pakai Ponsel Android

Seiring perkembangan zaman, seleksi Olimpiade Sains tingkat SMP di Palembang pun tak lagi gunakan sistem manual, tetapi sudah memakai Ponsel Android.

Seleksi Olimpiade Sains SMP Pakai Ponsel Android
SRIPOKU.COM/Jati Purwanti
OLIMPIADE - Siswa SMP se-Kota Palembang Mengikuti Seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Diknas Pendidikan Kota Palembang, Kamis (14/3). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Seiring perkembangan zaman, seleksi Olimpiade Sains tingkat SMP di Palembang pun tak lagi gunakan sistem manual, tetapi sudah memakai Ponsel Android. Keuntungan dari sistem ini, peserta langsung tahu nilai yang didapatkan dari setiap jawaban.

60 Siswa SD Ikut Olimpiade OSN Tingkat Kabupaten

716 Pelajar se-Kota Palembang Bersaing di Olimpiade Sains Serentak di 17 Kabupaten Kota

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ahmad Zulinto mengatakan, seleksi menggunakan gawai pintar tersebut memiliki artian, bahwa sistem seleksi tidak lagi menggunakan peran guru sebagai tim penilai, namun hanya untuk mempermudah sistem penilaian.

"Seleksi ini tidak bertujuan menggantikan fungsi guru sebagai pendidik. Kita berkeyakinan teknologi apapun tidak bisa menggantikan guru," jelasnya, Kamis (14/3).

Menurutnya, penyeleksian dengan menggunakan media Ponsel ini memotivasi siswa agar bisa menggunakan teknologi dengan bijak dan hanya untuk hal-hal yang positif.

Dia menambahkan, untuk mengikuti seleksi, pihak panitia pun tidak mengharuskan siswa memiliki gawai yang bagus atau maha melainkan sebagai ujicoba untuk menjadikan sistem online sebagai media menjawab soal-soal olimpiade.

"Ini hanya sekedar mencoba dan akan memberikan suatu motivasi pada anak agar jangan mau diperdaya dengan teknologi. Adanya teknologi, khususnya untuk bidang pendidikan, adalah bagimna belajar online itu untuk hal positif dan memperkecil masalah negatif," jelasnya.

Dengan seleksi menggunakannya online ini, tambah dia, menjadikan semua siswa yang memiliki gawai bisa mengikuti proses seleksi. Semua siswa yang memiliki Android pun akan diajak uji cba seleksi dan sifatnya bukan pemaksaan.

"Kita hanya melihat bagaimana anak di sekolah memanfaatkan teknologi. Tolak ukurnya harus seimbang, sekolah mengikuti arahan namun kami juga tidak memaksa," tambah Zulinto.

Pada penutupan seleksi OSN saat ini sudah didapat beberapa seleksi antar pelajar sekota Palembang untuk mata pelajaran IPA dan Matematika, sudah didapatkan siswa terbaik. Siswa yang lulus seleksi nilai dan juara akan diteruskan ke tingkat provinsi untuk mewakili Olimpiade tingkat nasional.

"Untuk Palembang biasanya akan berada di peringkat terbaik saat seleksi di provinsi dan diharapkan mendominasi juara umum. Nantinya juga saat melenggang ke tinggkat nasional pun membawa baik Palembang lewat gelar juara." ujarnya. (mg3)

===

Penulis: Jati Purwanti
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved