Sekanak Disulap Layaknya Braga, Sekanak Kerihin Cari Investor

Pemerintah Kota Palembang benar-benar serius menggarap peningkatan destinasi wisata. Teranyar, tempat-tempat bersejarah di kawasan Sekanak bakal disul

Sekanak Disulap Layaknya Braga, Sekanak Kerihin Cari Investor
SRIPOKU.COM/Wahyu k
Ilustrasi - Gedung Tua Jacobson van Den Berg yang populer dikalangan masyarakat kini telah menjadi cagar budaya, Selasa (12/3). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pemerintah Kota Palembang benar-benar serius menggarap peningkatan destinasi wisata. Teranyar, tempat-tempat bersejarah di kawasan Sekanak bakal disulap menjadi car free night, layaknya objek wisata Braga Bandung dan Kota Tua Jakarta.

Proyek Restorasi Sungai Sekanak Palembang Dimulai, Warga Bongkar Rumahnya Sendiri

Pembebasan Rumah di Sungai Sekanak

Kepala Dinas Pariwisata Palembang, Isnaini Madani mengatakan sejak tahun 2018 pihaknya telah membuat program serta mengonsep penataan kota tua di kawasan Sekanak, yang bertemakan Sekanak Kerihin. Kawasan yang dulunya kumuh bakal disulap menjadi satu kawasan wisata.

Dari pantauan Sripo, Kamis (14/3) sejumlah tempat peninggalan sejarah seperti Kantor NV Jacobson van Den Berg & Co, Sungai Sekanak, Gudang Baba Boencit dan lain-lain sudah direvitalisasi. Khusus Sungai Sekanak, kini telah menjadi objek wisata Sekanak Besolek dan Gedung Jacobsen pun telah dipugar dan diganti cat baru berwarna orange.

Kendati beberapa lokasi sudah mulai diperbaiki, namun kawasan tersebut masih terlihat kumuh, lantaran masih banyak sampah berserakan bekas orang berjualan, serta penataan toko yang belum rapi. "Sekanak Kerihin sudah jalan sejak setahun lalu dan sekarang terus berprogres. Sungai Sekanak, Gedung Jacobsen dan Kampung Mural Baba Buncit merupakan kota tua yang dulunya tidak tertata," ujarnya.

Tidak hanya dari segi bangunan, Isnaini mengaku fasilitas pendukung lainnya seperti pedestrian, bangku taman, lampu serta penataan toko di kawasan tersebut juga menjadi fokus perhatian pihaknya. Selain itu, nantinya di kawasan tersebut akan dibuatkan pintu masuk yang berada di kawasan Sekanak. Dimana nantinya pintu gerbang itu merupakan titik awal lokasi Sekanak Kerihin, yang meliputi kawasan wisata yang memiliki panjang kurang lebih 1 kilometer.

Dengan mengusung konsep pedestrian, para wisatawan nantinya dilarang menggunakan kendaraan bermotor masuk ke kawasan Sekanak Kerihin. Mengantisipasi hal itu, Pemkot Palembang menyiapkan transportasi delman dan mobil ketek yang akan mengangkut penumpang sampai ke gerbang Sekanak Kerihin.

"Jadi Sekanak Kerihin ini nanti akan jadi wisata terpadu seperti Braga Bandung dan Kota Tua Jakarta. Cukup berjalan kaki wisatawan sudah dapat menikmati objek wisata malam di Palembang," jelasnya.

Meski demikian, Isnaini mengungkapkan untuk mewujudkan Sekanak Kerihin pihaknya masih terkendala biaya, lantaran untuk mewujudkan objek wisata tersebut membutuhkan dana Rp 7-10 M. Maka dari itu pihaknya berharap akan ada pihak ketiga yang siap menjadi investor. Dengan harapan pada tahun 2021 program Visit Palembang Years dapat terealisasi.

"Sekarang kita masih terkendala biaya, kita berharap ada investor yang bersedia sehingga bisa mewujudkan objek wisata unggulan Sekanak Kerihin," harapnya. (Oca)

Bangunan Bersejarah di Sekanak
- Eks Bioskop Rosida
- Gudang Kopi atau Gedung Opera
- Jembatan Sekanak
- Gedung Jacobson
- Kantor Hok Tong
- Hotel Pertama di Palembang
- Perkampungan Pejabat
- Keluarga Sultan

====

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved