Berita Palembang

Jelang Pemilu Banyak Caleg Kunjungi Tempat-tempat yang Dianggap Keramat,Salah Satunya Makam Raja Ini

Tak sedikit para Caleg di Bumi Sriwijaya mengunjungi tempat-tempat yang dianggap keramat untuk berziarah atau berdoa.

Jelang Pemilu Banyak Caleg Kunjungi Tempat-tempat yang Dianggap Keramat,Salah Satunya Makam Raja Ini
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Makam Raja Segentar Alam yang terletak di Bukit Siguntang Kelurahan Bukit Lama Palembang ini banyak didatangi para caleg jelang Pemilu 2019. Foto: Rabu (13/3/2019). 

Laporan wartawan sripoku.com, Odi Aria Saputra

SRIPOKU. COM, PALEMBANG -- Meski saat ini sudah memasuki era milenial, namun tak sedikit masyarakat di Indonesia khususnya Palembang yang masih percaya mengenai hal-hal mistis, Rabu (13/3/2019).

Mulai dari jimat, paranormal hingga tempat-tempat keramat masih menyelimuti kepercayaan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti halnya jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, tak sedikit para Calon Legislatif (Caleg) di Bumi Sriwijaya yang sering mengunjungi tempat-tempat yang dianggap keramat untuk berziarah atau berdoa.

Sejumlah tempat keramat pun mulai ramai diburu peserta Pemilu untuk berziarah, salah satunya makam Raja Segentar Alam yang berada di Bukit Seguntang.

Juru Kunci Makam Raja Segentar Alam, Sulaiman (46) mengatakan, sebagai salah satu tempat yang dikeramatkan di Palembang, makam ini selalu ramai didatangi peserta pemilu saat menjelang hari pemilihan.

Ia menjelaskan, selama kurang lebih 25 tahun menjadi penjaga makam, sudah banyak tokoh-tokoh politik lokal maupun nasional yang datang dengan niat berziarah ataupun meminta doa untuk hajatan tertentu.

Wijianto Korban Tabrakan Beruntun di Jalan Palembang-Betung KM 21 Ternyata Mantan Anggota Polisi

Ternyata Golongan Darah Manusia Bisa Diketahui Tanpa Tes Lab Lho! Begini Cara Mengidentifikasinya

Video PTBA Gelar Khitan Massal, Peserta Disunat Sambil Main Game Online di Ponsel

“Selama 25 tahun saya menjaga makam sudah banyak yang datang. Ada yang terang-terangan minta didoakan, tapi ada juga yang bilang hanya mau ziarah saja,” ujarnya.

Sulaiman mengungkapkan, kebanyakan tokoh politik yang datang tersebut tidak menyebutkan diri sebagai seorang caleg atau partai tertentu.

Hanya saja, Sulaiman mengaku sering melihat wajah-wajah peziarah terpampang di baliho yang berada di sejumlah ruas jalan.

“Banyak yang tidak ngaku, tapi saya sering lihat di banner. Biasanya yang ziarah baru akan ramai menjelang hari pemilihan umum," ungkapnya.

Menurutnya, pada umumnya ketika sedang berkunjung para peziarah tidak ada ritual khusus alias sama dengan peziarah lain pada umumnya, yaitu berdoa dan tabur bunga.

“Kalau setahu saya, selain dari makam Raja Segentar Alam ini ada dua tempat lainnya yang juga sering dikunjungi tokoh-tokoh tersebut untuk berziarah. Yakni makam Pangeran Bagus Kuning dan Kawah Tekurep,” terangnya. (Oca)

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved