Berita Muaraenim

Dinas Pemadaman dan Penyelamatan Muaraenim Sabet Juara Pertama Lomba Antar Dinas se-Sumsel

Personil Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Muaraenim berhasil memukau Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) dan penonton.

Dinas Pemadaman dan Penyelamatan Muaraenim Sabet Juara Pertama Lomba Antar Dinas se-Sumsel
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Tampilkan atraksi penjinakan ular phyton sepanjang 7 meter, tim Damkar Kabupaten Muaraenim mendapatkan pujian Gubernur Sumsel sekaligus menerima piagam penghargaan tim Damkar terbaik tingkat Provinsi Sumsel. 

Laporan wartawan sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM --Personil Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Muaraenim berhasil memukau Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) dan penonton.

Pasalnya tim Damkar Muaraenim melakukan atraksi menjinakkan ular, dan berhasil menyabet juara pertama dalam lomba antar Dinas Se-Sumatera Selatan yang digelar di Griya Agung Palembang, Rabu (13/3/2019).

Kegiatan tersebut, selain melakukan penilaian kinerja pemadam tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2019, juga dilakukan penandatanganan perbatasan wilayah pemadam Kabupaten dan Kota oleh Bupati dan Walikota se-Sumsel.

Dalam kegiatan tersebut, tim Damkar Kabupaten Muaraenim berhasil mendapatkan piagam penghargaan terbaik tingkat Sumatera Selatan, dimana, para personil pemadam kebakaran melakukan simulasi penanganan gangguan hewan berbahaya jenis ular phyton.

Setelah mendapatkan informasi warga bahwa ada gangguan ular di pemukiman, petugas penyelamatan melakukan aksinya dengan cepat dan sigap merespon.

Petugas berhasil menangkap dan mengamankan ular sepanjang tujuh meter tersebut dengan cepat dan aman.

Dan aksi tersebut mendapatkan apresiasi gubernur, serta pejabat pemerintahan tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

Bahkan, para petinggi pemerintahan melakukan foto bersama ular tersebut.

Jelang Pemilu Banyak Caleg Kunjungi Tempat-tempat yang Dianggap Keramat,Salah Satunya Makam Raja Ini

Dijual Sejak H-90, Penjualan Tiket Lebaran Kereta Api Sumsel Masih Sepi

Ini Kronologi Kecelakaan di Daerah Sumbawa Jalan Raya Palembang-Betung KM 21

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Muaraenim Ir Yulius MSi, melalui sekretaris Handono SPd MSi menjelaskan, keberhasilan tim rescue atau penyelamatan dinas pemadam kebakaran Muaraenim mendapatkan penilaian terbaik tingkat Provinsi Sumatera Selatan ini merupakan kerja keras bersama yakni antara para personil dengan atasan dan masyarakat.

Personil penyelamatan tidak hanya bertugas dan dilatih menyelamatkan jiwa manusia saja.

Namun para petugas dilatih juga untuk menyelematkan hewan yang membuat resah masyarakat. Sebab selama ini, petugas Damkar hanya terfokus melakukan pemadaman jika ada kebakaran dan menyelamatan jiwa manusia.

Padahal ada yang tidak kalah penting yakni melakukan penyelamatan terhadap ancaman hewan buas, liar dan berbahaya salah satunya seperti ular.

Karena pada saat kebakaran terjadi baik itu pemukiman, hutan dan sebagainya sewaktu-waktu bisa ditemukan hewan tersebut.

"Atas nama Kepala Dinas, kami mengucapkan terima kasih atas kerja keras para personil di lapangan, Pemkab Muaraenim, masyarakat dan seluruh stake holder yang membantu," ujarnya.(ari)

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved