Berita Palembang

Sumsel Kekurangan Tenaga Massage, Dispora Sumsel Gelar Pelatihan Tenaga Sport Massage

Provinsi Sumatera Selatan, khususnya di dunia olahraga rupanya kekurangan tenaga massage/pijit.

Sumsel Kekurangan Tenaga Massage, Dispora Sumsel Gelar Pelatihan Tenaga Sport Massage
SRIPOKU.COM/RESHA
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumsel Ahmad Yusuf Wibowo saat membuka Kegiatan Pelatihan Sport Massage and Sport Injury Tingkat Dasar tahun 2019 di Lantai 3 Gedung Dispora Sumsel, Senin (12/3/2019). 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Resha

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Provinsi Sumatera Selatan, khususnya di dunia olahraga rupanya kekurangan tenaga massage/pijit. Padahal, olahraga tak lepas dari penanganan bidang tersebut.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel Ahmad Yusuf Wibowo mengatakan, setiap cabang olahraga (cabor) membutuhkan tenaga massage. Meskipun, olahraga yang tak getol dengan urusan fisik.

"Idealnya seluruh cabor baik fisik maupun non fisik harus ada sport massage. Bukan berarti atlet catur itu tidak perlu, perlu relaksasi penyegaran untuk fokus bahkan sebelum dan sesudah even butuh relaksasi dan baik untuk kesehatan," ujarnya Selasa (12/3/2019

Menurutnya, di Sumsel ini hanya ada 2 tenaga Sport Massage dari sekian banyak cabor olahraga. Ia menganggap, jumlah ini tak ideal untuk olahraga.

"Inilah kami mendata bahwa kita perlu hampir 500 sport massage, di 17 kabupaten/kota, 35 cabor sport massage putra dan putri," ungkapnya.

Untuk itulah, pihaknya menggelar Kegiatan Pelatihan Sport Massage and Sport Injury Tingkat Dasar tahun 2019, Senin (12/3/2019). Hasilnya, sebanyak 26 tenaga massage mengikuti pelatihan tersebut di Lantai 3 Gedung Dispora Sumsel.

"Ini bagian dari program ketenagaan olahraga, ini bagian penting dari peningkatan. Kita mulai dari sport massage, jadi persiapan ini sangat penting untuk mendukung performa atlet saat bertanding," terangnya.

Yusuf mengatakan, manfaatnya besar untuk atlet tersebut. Baik untuk fisik, maupun relaksasi psikologi.

"Jadi atlet relaksasi efek psikologinya tentu akan untuk meregangkan otot?ototnya menjadi bugar," ungkapnya.

Ia berharap tenaga sport massage dapat ditularkan ke setiap daerah. Pihaknya juga akan bekerja sama dengan pengurus cabor di daerah-daerah, meneruskan pelatihan yang sempat terhenti selama beberapa tahun ini.

"Pernah kita lakukan di 2012-2013 ini sambungan dari kegiatan terdahulu. Karena terhenti maka kita sambung lagi karena kaderisasi massage khususnya di Cabor belum kena virus sport massage bahwa ini pekerjaan sangat mulia," jelasnya. (mg5)

===

SEDANG BERLANGSUNG-Live Streaming Tira Persikabo vs Persebaya Piala Presiden, Dua Tim Ingin Lolos

Imigrasi Palembang Deportasi 20 WNA ke Negara Asalnya Pasca Salah Gunakan Izin Visa

PT Pusri Pamerkan Produk Kerajinan Mitra Binaan Sekaligus Gelar Kegiatan Donor Darah

Penulis: RM. Resha A.U
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved