Sudah Ditertibkan Tapi Masih Bertebaran, Sejumlah APK Merusak Pemandangan Kota

Diungkapkan Ihsan, hampir seluruh APK yang bertebaran saat ini melanggar, meski ditempat-tempat yang berbayar.

Sudah Ditertibkan Tapi Masih Bertebaran, Sejumlah APK Merusak  Pemandangan Kota
SRIPOKU.COM/MAT BODOK
Sejumlah APK peserta pemilu yang kembali terpasang setelah sebelumnya sempat ditertibkan oleh petugas kini bertebaran lagi 

Laporan wartawan Sripoku.com , Mat Bodok

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG -- Pasca ditertibkan oleh petugas gabungan dari Bawaslu dan Pol PP Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), beberapa waktu lalu, Alat Peraga Kampanye (APK) peserta pemilu yang melanggar di lingkungan Kabupaten OKI kembali bertebaran.

Hal ini terlihat dari banyaknya APK peserta pemilu yang bertebaran di tempat-tempat yang tidak tepat. Ketua Bawaslu OKI, Ihsan Hamidi ditemui di Kantor Bawaslu OKI, Selasa (12/3/2019) menuturkan, apa yang terjadi tersebut merupakan sebuah pelanggaran administratif.

Piala Presiden 2019, Persebaya Lolos 8 Besar, Tira Persikabo Juga Lolos Tetapi?

Hasil Piala Presiden 2019, Tira Persikabo vs Persebaya Imbang, Bajul Ijo Tim Pertama Lolos 8 Besar

"Itu sudah kita tertibkan lebih kurang dua pekan lalu, bahkan di pohon-pohon itu bersih tapi ternyata sekarang dipasang lagi. Banyak APK yang kita bersihkan dan yang dilepas disita," kata Ihsan.

Diungkapkan Ihsan, hampir seluruh APK yang bertebaran saat ini melanggar, meski ditempat-tempat yang berbayar. "Itu sudah kita surati peserta Pemilu-nya. Bahkan ada yang alamatnya sulit dicari sudah dihubungi melalui kontak mereka, termasuk partai sudah diperingatkan semua," ungkap Ihsan.

Bertepatan Dengan Isu Pemasangan Stempel , 200 KPM Bantuan PKH Mengundurkan Diri

Bawa Ganja 3 Ons Dalam Karung Disimpan di Jok Motor, Warga Kabupaten Empatlawang Diamankan Polisi

Menurutnya, karena pelanggaran ini merupakan pelanggaran administratif sanksi awal yang diberikan hanya berupa peringatan ataupun teguran. Ihsan menambahkan, berdasarkan hasil temuan di lapangan, selain di wilayah Kayuagung wilayah lain yang juga terdapat banyak APK berkeliaran adalah wilayah Lempuing.

"Jadi itu tahapannya pertama kita koordinasi dengan peserta pemilu, setelah itu kita berikan peringatan lalu diberikan tanda pelanggaran pada APK, kalau sudah diberikan peringatan langsung dilepas nanti," tuturnya.

Kasus Salah Tangkap dan Bidan YL Terus Diselidiki, Kapolda Yakin Oknum Anggota Diberi Sanksi

Dirinya berharap agar pihak KPU ke depan mempersiapkan titik-titik khusus terkait lokasi pemasangan APK ini. "Tapi karena ini tidak difasilitasi oleh KPU jadi ini melanggar dan harus kita tertibkan," tegasnya.

Sementara itu, Caleg dari Partai Golkar Nomor urut 4, Harun Alrasid mengatakan, dirinya selaku calon legeslatif harus turut mengindahkan keindahan Kota Kayuagung, dan dirinya tidak memasang spanduk, baleho disembarangan tempat. Menurut Harun, APK miliknya di pasang pada tempat tertentu yang memang untuk keindahan di rumah-rumah.

"Kalau memang merusak pemandangan kota, itu sudah kebijakan dari pemerintah untuk melepasnya," tandas Harun.

===

Penulis: Mat Bodok
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved