Dengar Kabar Penyimpanan Surat Suara Ketetesan Air . KPU Sumsel Minta Gudang Diperbaiki

Hepriyadi, SH MH mengaku sempat dibuat jantungan mendapat kabar tempat penyimpanan kertas dan kotak suara di KPU Kota Palembang ketetesan air

Dengar Kabar Penyimpanan Surat Suara Ketetesan Air . KPU Sumsel Minta Gudang Diperbaiki
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Staf KPU mengawasi pekerja pengangkutan kemasan kertas suara dari lima box kontainer ke tempat penyimpanan Aula Demokrasi KPU Palembang. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Hepriyadi, SH MH Anggota Komisioner KPU Sumsel Divisi Hukum dan Pengawasan mengaku sempat dibuat jantungan mendapat kabar tempat penyimpanan kertas dan kotak suara di KPU Kota Palembang ketetesan air.

"Sebenarnya kita cukup sesalkan karena membuat jantungan kita. Karena kita dapat informasi itu. Ternyata setelah kita kroscek pastikan ke lapangan bahwa surat suara itu tidak masalah," ungkap Hepriyadi, Selasa (12/3/2019).

Pria yang dikenal sebagai advokat dan anggota DPC Peradi Palembang menyebut ternyata itu tetesan air yabg tidak terlalu besar.

Kurang dari 24 Jam Salah Satu Komplotan Curanmor Ditangkap Anggota Polsek Ilir Timur II Palembang

Bertepatan Dengan Isu Pemasangan Stempel , 200 KPM Bantuan PKH Mengundurkan Diri

"Karena ada bekas paku hingga airnya jatuh. Alhamdulillah setelah kotak itu, surat suara itu sendiri dibungkus plastik sehingga tidak masalah. Itu kan gudang yang di kantor KPU Palembang kita sudah mintakan untuk diperbaiki karena proses ini kan masih lama menjelang hari pencoblosan agar dipastikan kondisi penyimpanan aman," kata Hepriyadi.

Ketua KPU Sumsel Dra Kelly Mariana juga meluruskan informasi adanya surat suara pemilu 2019 yang berada di KPU Kota Palembang basah karena kena hujan.

Massa Hadang Pengiriman Surat Suara di Muba, Bentrok Terjadi Antar Masyarakat dan TNI-Polri

KPU Kerahkan 300-an Petugas Tuntaskan Pelipatan Surat Suara Mulai Sabtu Ini

"Kita sudah konfirmasi ke KPU Palembang, ternyata tidak basah karena sudah dilapisi plastik. Kebetulan warna kotak suara coklat, jadi seolah- olah basah, sehingga kita pastikan itu tidak benar, dan surat suara saat ini sedang disortir dan dilipat," kata alumni Fisip Unsri.

Begitu juga Komisioner KPU Palembang Abdul Malik Syafei MH menyatakan, saat ini pihaknya terkendala untuk tempat penyimpanan logistik, mengingat jumlahnya yang cukup banyak, dan harus dihindari dari hujan.

Tempat Penyimpanan Terbatas, Begini Strategi KPU Palembang Distribusikan Surat Suara Pemilu 2019

Tiga Pesan Buat KPU - Bawaslu dari DPRD Sumsel

"Saat ini di gudang hampir penuh, mengingat kotak suara harus dirakit, meski jumlahnya belum 50 persen yang dirakit. Selain itu, penambahan kotak suara (796) dan bilik (636) dari kekurangan sebelumnya masih belum dikirim. Hanya rembesan saat hujan lebat Sabtu malam Minggu. Tidak ada yg rusak, dan sudah selesai dilipat pada hari Minggu kemarin. Surat suaranya dikasih pelindung, selesai lipat surat suara disimpan langsung di kantor KPU, tidak ke gudang lagi," kata Malik.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palembang, H Eftiyani SH maupun Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM DR Yetty Oktarina mengakui keterbatasan tempat penyimpanan saat ini.

Herman Deru Minta Pencanangan Zona Integritas Bebas KKN Diinfokan ke Masyarakat

Mengingat lokasi khusus penyimpanan barang-barang kebutuhan untuk Pileg dan Pilpres 2019 ini terbatas, maka KPU Kota Palembang mensiasatinya.

"Karena lokasi penyimpanan terbatas, maka pendistribusian surat suara Capres itu akan dikirimkan belakangan, terakhir digabungkan dengan alat kelengkapan TPS lainnya. Kita awali pengiriman itu surat suara DPR RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota Palembang. Selesai pelipatan, packing, langsung kirim untuk menghemat tempat," kata Eftiyani. (Abdul Hafiz)

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved