Beberapa Cara untuk Lepas dari Jeratan Tagihan Kartu Kredit

Tingkat bunga yang tinggi mungkin salah satu faktor Anda sulit lepas dari jeratan tagihan kartu kredit dan utang lainnya. Bahkan, beberapa orang tak h

Beberapa Cara untuk Lepas dari Jeratan Tagihan Kartu Kredit
AturDuit
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Tingkat bunga yang tinggi mungkin salah satu faktor Anda sulit lepas dari jeratan tagihan kartu kredit dan utang lainnya. Bahkan, beberapa orang tak hanya memiliki satu kartu, melainkan beberapa kartu dari berbagai bank.

Berita Lainnya:

Tak Terduga, 5 Hal Membuat Tagihan Kartu Kredit Membengkak

Bisa Semua Tagihan, 5 Pantangan Tak Boleh Diabaikan saat Menggunakan Kartu Kredit

Sebagian beralasan mereka mengambil kartu kredit lainnya untuk menutupi tagihan kartu kredit sebelumnya. Hal ini bisa menjadi mimpi buruk yang tak ada habisnya.

Sebab, jika terus hidup dengan utang, maka pengelolaan keuangan jadi tidak efektif. Anda juga sulit untuk menabung.

Sebagaimana dikutip dari Business Insider, sebenarnya ada cara cukup sederhana yang bisa diterapkan untuk menutup tagihan kartu kredit.

Salah satunya menerapkan metode "bola salju" terhadap utang-utang tersebut. Dengan cara ini, nasabah membayar utang dari saldo yang terkecil lebih dulu.

Sebaliknya, ada pula metode "longsor", di mana fokusnya adalah utang dengan tingkat bunga yang paling tinggi terlebih dahulu.

Untuk menentukan metode apa yang akan diambil, pertama-tama Anda harus menentukan prioritaskan utang yang wajib dilunasi sesegera mungkin.

Tuliskan persis berapa banyak utang yang Anda miliki, bersama dengan tingkat bunga pada setiap akun. Kemudian, cari tahu berapa banyak penghasilan yang Anda bawa pulang setiap bulan dan ke mana saja uang itu mengalir saat ini.

Setelah itu, tentukan anggaran apa yang bisa digunakan untuk membayar utang.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved