Smart Student

USBN Pakai Handphone Lebih Nyaman dan Praktis, Ini Kata Siswa SMKN 5 Palembang

Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dengan menggunakan gawai pintar dinilai lebih nyaman dan praktis oleh siswa SMKN 5 Palembang.

USBN Pakai Handphone Lebih Nyaman dan Praktis, Ini Kata Siswa SMKN 5 Palembang
SRIPOKU.COM/JATI PURWANTI
Siswa SMKN 5 Palembang menunjukkan aplikasi Exam Bro, aplikasi ujian sekolah yang bisa diunduh di Playstore dan App Store. 

Laporan wartawan sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dengan menggunakan gawai pintar dinilai lebih nyaman dan praktis oleh siswa-siswi di SMKN 5 Palembang.

Termasuk menurut siswa kelas 12 Teknik Produksi Penyiar Program Pertelevisian (TP4) Monica Arpanzilia.

Menurutnya, ujian dengan menggunakan ponsel lebih nyaman dan lebih cepat serta tidak perlu bawa laptop saat ujian berlangsung.

"Ujiannya tinggal buka aplikasi Exam Bro. Lebih enak ketimbang pakai PC (personal computer) karena sering down dan kalau pakai kertas repot membulatkan jawaban," ujarnya di hari pelaksanaan USBN di SMKN 5 Palembang, Senin (11/03/2019).

Ibu-ibu Milenial Datangi Para Pedagang Pasar Tradisional Paparkan Keberhasilan dan Program Jokowi

Banyak Faktor Penyebab Terjadinya Mobil Terbakar, Termasuk yang Dialami Nissan Grand Livina

Manajemen Bank BRI Palembang Kunjungi Redaksi Sripo-Tribun Sumsel

Dia menjelaskan, untuk waktu pengerjaan soal pun sama seperti ujian pada umumnya yakni 120 menit untuk menjawab 45 soal yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan 5 soal esai.

"Soal esai jawabannya ditulis di kertas yang disediakan," tambah Monica.

Dia mengatakan, dia merasa sangat terbantu karena aplikasi tersebut tidak memakan banyak ruang penyimpanan di ponselnya karena hanya membutuhkan 2.3 Mb di memori telepon.

Selain itu, adanya fitur menjawab soal berupa ragu-ragu, loncat ke soal berikutnya atau mengulang ke soal yang sebelumnya dilewatkan memberikan kesempatan yang sangat baik dalam menyelesaikan ujian.

Hal yang menjadi catatan, kata Monica adalah kelambanan proses login ke aplikasi karena banyak siswa lain yang juga melakukan proses tersebut.

"Jadi, enggak terburu-buru kalau mau jawab soal ujian." ujarnya.(mg3)

Penulis: Jati Purwanti
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved