Tingkatkan Pelayanan, Tahun Ini Pemkab Muba Naikkan Tunjangan Tenaga Kesehatan dan Medis

"Ya, kalau tidak ada halangan pada tahun ini tunjangan tenaga kesehatan di Kabupaten Muba akan kita naikkan. Kenaikan tunjangan tenaga kesehatan di Ka

Tingkatkan Pelayanan, Tahun Ini Pemkab Muba Naikkan Tunjangan Tenaga Kesehatan dan Medis
sripoku.com/ist
Bupati Muba Dodi Reza Alex ketika berswafoto dengan sejumlah tenaga kesehatan. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU--Perhatian serius dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terhadap tenaga kesehatan dan medis yang bertugas di Kabupaten Muba. Hal tersebut dilakukan oleh Bupati Muba Dodi Reza Alex dengan menaikkan tunjangan tenaga kesehatan pada tahun depan.

"Ya, kalau tidak ada halangan pada tahun ini tunjangan tenaga kesehatan di Kabupaten Muba akan kita naikkan. Kenaikan tunjangan tenaga kesehatan di Kabupaten Muna agar terciptanya pelayanan kesehatan yang baik dan paripurna,"kata Bupati Muba Dodi Reza Alex, disela Launching Universal Health Coverage (UHC) di Opp Room Pemkab Muba, Senin (11/3/19).

Lanjutnya, adapun tunjangan yang akan dinaikkan antara lain dokter sepesial dari Rp 15 juta dinaikkan sebesar Rp 25 juta, dokter umum dari 3 juta ke 5 juta, dokter luar daerah kita naikan dari 5 juta ke 7 juta. Lalu perawat dan bidan akan kita anggarkan juga untuk mengalami kenaikan.

"Sebagai contoh gaji perawat dan bidan yang ada saat ini sebesar Rp 1,8 juta sudah sewajarnya di sesuaikan UMK yang berlaku. Hal ini untuk menigkatkan kualitas pelayanan perawat dan bidan yang ada, kalau tidak ada halangan tahun ini secepatnya akan kita angggarkan pada APBD Perubahan,"ungkapnya.

Selain itu Dodi menegaskan peningkatan tunjangan bagi tenaga kesehatan tidak ada masalah sama sekali.

"Untuk masalah anggatan tidak terjadi masalah mau berapa saja akan kita anggarkan, agar tingkat kesejahteraan tenaga medis tercukupi,"ujarnya.

Pihaknya juga berkomitmen pemberian asuransi kesehatan gratis bagi masyarakat Muba khususnya bagi warga pra sejahtera bukan menjadi hal yang baru di Kabupaten Muba.

 "Ke depan tugas yang akan kita realisasikan dan kejar yakni bagaimana menciptakan pelayanan kesehatan yang semakin baik dan fasilitas kesehatan yang lengkap di Muba serta kesejahteraan tenaga kesehatan di Muba meningkat,"ungkapnya.

Dalam mewujudkan hal tersebut saat ini pihaknya tengah fokus dalam meningkatkan pelayanan dan fasilitas kesehatan mulai dari puskesmas cabang pembantu di pedesaan hingga RSUD Sekayu. Bahkan, saat ini RSUD Sekayu telah menjadi RS Rujukan di Provinsi Sumsel.

"Pemkab Muba juga akan menerapkan prosedur open member, yang nantinya tidak ada lagi warga Muba yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis dan baik, semuanya harus tercover pada asuransi kesehatan,"jelasnya. (cr13)

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved